Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Pemilu 2024 Selesai, Prabowo-Gibran Unggul di 36 Provinsi

Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Pemilu 2024 Selesai, Prabowo-Gibran Unggul di 36 Provinsi

KPU RI selesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2024.-KPU RI-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Akhirnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2024.

Dalam Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu, masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, berhak memilih pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Kemudian, memilih calon anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Pengumuman Rekapitulasi Penghitungan Suara Nasional Pemilu 2024 Masih Tunggu Hasil Pleno 2 Provinsi Lagi

Pada Pemilu 2024 ini ada 3 pasangan calon yang berkompetisi yakni pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Selanjutnya, pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sementara, partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024 antara lain PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem.

Kemudian, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, PKN, Partai Hanura, Partai Garuda, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI, Partai Perindo, PPP dan Partai Ummat.

BACA JUGA:Pemain Vietnam Kena Mental, Minta Dicoret Saat Kontra Timnas Indonesia

Selain partai yang berbasis secara nasional, Pemilu 2024 juga diikuti oleh partai lokal, antara lain, Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at Dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Dari 38 provinsi di Indonesia, pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 36 provinsi.

Sementara, pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 unggul di 2 provinsi. Sedangkan, pasangan nomor urut 3 tidak memenangkan di provinsi mana pun.

Berikut ini hasilnya untuk Pilpres 2024:

1. DIY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase