Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 Sudah Dibuka, Inilah Persyaratan dan Tata Caranya

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 Sudah Dibuka, Inilah Persyaratan dan Tata Caranya

Ilustrasi pelaksanaan UTBK-SNBT 2024.-Max Vakhtbovycn-pexels.com

RADARCIREBON.COM – Ibadah puasa Ramadan jangan menghalangi teman-teman yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pasalnya, pendaftaran  Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 resmi dibuka Kamis, 21 Maret 2024 tepatnya pukul 15.00 WIB.

Meski sudah lewat satu hari, teman-teman jangan khawatir. Karena,  durasi pendaftaran UTBK-SNBT  akan berlangsung hingga Jumat, 5 April 2024 mendatang.

BACA JUGA:Indonesia Menang Lawan Vietnam: Tambah 3 Poin, Skuad Garuda Runner Up Grup F Zona Asia

BACA JUGA:Babak Pertama Indonesia Kontra Vietnam Berakhir dengan Skor 0-0

Perlu diketahui, SNBT merupakan kategori seleksi yang menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). 

Seleksi ini menjadi salah satu bagian dari program Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

Sebanyak 3 jalur UTBK untuk masuk perguruan tinggi negeri. Yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek telah mengalokasikan kuota pendaftaran SNPMB 2024 sebanyak 589.442 untuk ketiga jalur, yakni SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri.

BACA JUGA:Berbagi di Bulan Suci, XRI Chapter Cirebon Sebarkan 300-an Paket Takjil

BACA JUGA:Sekjen PDI Perjuangan: Dukung TPN Ganjar-Mahfud Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK

Nah, temen-temen SMA/SMK/MA atau sederajat yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK-SNBT bisa mengakses laman kemdikbud.go.id/">link portal SNPMB 2024. 

UTBK ini akan menguji kemampuan calon peserta melalui beberapa kategori materi, diantaranya Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Nantinya, ujian UTBK-SNBT ini akan dibagi menjadi dua gelombang, Gelombang 1 dilaksanakan tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024, dan Gelombang 2 dilaksanakan tanggal 14-20 Mei 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase