5 Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran

5 Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran

Tips Persiapkan Sepeda Motor Sebelum Mudik Lebaran-Foto : momotor.id-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Kenapa sih mudik menggunakan motor koq masih banyak sekali peminatnya padahal kan sekarang udah banyak banget moda transportasi yang keren dan pastinya aman? Karena mudik menggunakan sepeda motor dianggap lebih cepat dan praktis.

Namun, mudik menggunakan sepeda motor memiliki resiko yang cukup besar. Jalanan yang cukup ramai, kelelahan dalam perjalanan, bahkan kerusakan pada sepeda motor akan menjadi hal yang nantinya akan sering ditemui oleh pemudik.

Namun, meskipun banyak bahaya yang mengintai apabila mudik menggunakan sepeda motor, namun pemudik dengan menggunakan kendaraan sepeda motor masih terbilang cukup banyak peminatnya dan selalu meningkat setiap tahunnya. 

BACA JUGA:Rp3,9 Triliun Disiapkan KPw BI Cirebon untuk Penukaran Uang Jelang Idul Fitri

Karena dengan risiko kerusakan mesin yang tiba-tiba saja terjadi di jalan raya sangat cukup tinggi sekali terjadi, tentunya apabila pemudik yang ingin mudik menggunakan sepeda motor diperlukan perawatan motor yang rutin sebelum melakukan mudik.

Selain selalu menjaga kondisi mesin dan fisik si motor agar tetap terjaga, perawatan rutin ini dilakukan juga agar membuat kondisi fisik si motor selalu bersih. Namun sebenarnya, merawat motor tidak hanya saat persiapan untuk mudik saja.

Suka atau tidak suka, melakukan perawatan motor agar motor tetap terawat dan terjaga. Berikut adalah beberapa tips persiapkan sepeda motor sebelum mudik lebaran.

1. Hindari Mudik dengan Menggunakan Sepeda Motor dengan Membawa Beban secara Berlebihan

Tradisi mudik di Indonesia kita akan melihat banyak pemudik menggunakan motor dan mereka membawa beban secara berlebihan bahkan ada diantaranya pemudik membawa istri dan anak yang digendong yang dimana anaknya itu masih bayi. 

Jika terlalu sering mudik menggunakan sepeda motor lalu membawa barang secara berlebihan dengan beban yang sangat berat, tentunya akan menyebabkan masalah pada motor anda , terutama di bagian shock-breaker dan roda yang akan cepat mengalami kerusakan.

Maka dari itu saat bermudik, cukup bawa beban barang yang dimana beban berat barang itu sesuai dengan spesifikasi, rekomendasi dari pabrik sepeda motor sehingga sparepart akan tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Gempa di Laut Jawa M 6,0 Hari Ini, Terasa di Surabaya hingga Cirebon

2. Cek Kondisi Air Aki

Tips ini sangat berlaku bagi anda pengguna sepeda motor dengan aki yang masih basah, menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: