FEB UMC Gelar Buka Puasa Bersama, Dekan: Hadirkan Cinta Untuk Kemajuan Institusi

FEB UMC Gelar Buka Puasa Bersama, Dekan: Hadirkan Cinta Untuk Kemajuan Institusi

Keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) mrnggelar pengajian dan buka puasa bersama di Kampus 1 UMC, Jl Tuparev, Senin (25/3/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menggelar pengajian dan buka puasa bersama di Kampus 1 UMC, Jl Tuparev, Senin (25/3/2024).

Kegiatan ini dipandu oleh Dosen Manajemen FEB UMC Tedi Kustandi SSos, MM. Adapun , pembacaan ayat suci Al-Qur'an adalah Dosen Manajemen FEB UMC Hevy Febriyansyah SE MM.

Dekan FEB UMC Dr Asep Gunawan kepada radarcirebon.com  mengatakan, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, dan meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang.

"Cinta terasa indah karena mengandung kebahagiaan (happines), menyenangkan (comfort), dan kepercayaan (trust). Ketiga perasaan indah itulah yang memberi sugesti positif hingga membentuk sikap optimis dan positif thinking. Jika semua telah dilandasi cinta karena Allah SWT, maka ketika melakukan tugas sebagai Dosen atau Karyawan di UMC akan dilakukan semata-mata ibadah karena orientasinya adalah pahala,"katanya.

BACA JUGA:Remaja 17 Tahun Korban Hubungan Inses Nangis di Pelukan Pelaku, Bikin Aktivis Sosial Terkejut

Dengan cinta, menurut Asep, tentu membuat manusia tergerak untuk peduli satu sama lain dan terlibat dalam kegiatan yang memperbaiki kehidupan kampus.

"Lingkungan yang dipenuhi dengan cinta, sejatinya menciptakan atmosfer yang kondusif untuk pembelajaran yang lebih efektif. Cinta juga memperkuat hubungan antarindividu serta mendorong timbulnya ide-ide baru, inovasi, dan kolaborasi yang bisa memajukan kampus dalam hal penelitian, pengembangan, dan prestasi akademis,"ujarnya.

Sementara itu Ustad Ma'danil Iman, MPd yang nerupakan Dosen Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) sepakat dengan statement Dr Asep soal cinta.  

"Allah memerintahkan umat Islam berpuasa karena cinta-NYA  yang luar biasa kepada hambaNya. Allah menghendaki hamba-NYA dekat dengan surga, bahkan pintu Surga Arrayaan bagi orang-orang yang berpuasa telah disiapkan Allah SWT. Mendapat ampunan segala dosa. Tujuan ibadah puasa adalah ampunan dari kesalahan atau dosa sebelumnya,"ucapnya.

BACA JUGA:Mitsubishi Motors Merayakan Produksi Ke-100.000 dari Kendaraan Mini Full Listrik

Ustad Ma'danil juga menuturkan, ada dua kegembiraan bagi orang yang berpuasa; kegembiraan ketika berbuka puasa, dan kegembiraan di saat bertemu Rabb-nya.

“Berbuka puasa tentu saat yang membahagiakan orang berpuasa. Tapi kelak, jika memang puasanya sungguh-sungguh, ada kebahagiaan lagi yang jauh melebihi saat berbuka puasa. Kebahagiaan ini yaitu ketika orang-orang yang beriman pertama kali berjumpa dengan Allah,”tuturnya.

Usai menggelar dengarkan ceramah, kegiatan dilanjutkan dengan menikmati santapan berbuka puasa dengan menu terbaik yang tersaji apik.(rdh)

BACA JUGA:Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Masih Sakit, Positif Absen Lawan Vietnam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: