Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur

Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur

Tips Agar Tidak Telat Bangun Sahur-Foto : id.pinterest.com-radarcirebon.com

1. Pastikan Anda Tidur Lebih Awal

Tips yang paling jitu yang pertama agar tidak terlambat bangun untuk sahur tentu saja dengan mengatur jadwal tidur menjadi lebih awal. 

Mengubah waktu tidur bisa jadi hal yang sangat sulit, tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukanya. Kamu bisa mencobanya secara perlahan, dengan memindahkan waktu tidurmu menjadi lebih awal. 

Misalnya, cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal daripada biasanya. Bila sudah terbiasa tidur 15 menit lebih awal, kurangi lagi 15 menit, dan begitu terus sampai dengan seterusnya.

2. Gunakan Alarm

Sebelum tidur, aturlah waktu alarm terlebih dahulu. Bila kamu adalah tipe orang yang sering memencet tombol snooze saat alarm berbunyi, kamu bisa mengatur waktu bangun 30 menit lebih awal dari waktu sahur. 

Satu tips jitu lagi agar kamu bisa bangun sahur tepat waktu adalah dengan mengatur volume alarm sedikit lebih kencang, pilihlah lagu ataupun ringtone yang bertempo cepat dan keras sebagai nada alarm kamu (bila kamu menggunakan gadget sebagai alarm), jangan letakan alarm gadgetmu  terlalu dekat dengan kamu, sehingga seandainya ketika alarm gadgetmu berbunyi kamu tidak akan kaget ketika alarm itu berbunyi dengan kerasnya.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Buka Puasa

Tahanlah diri untuk makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Pasalnya, makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat kamu cepat letih dan mudah merasa mengantuk. 

Namun, bila kamu langsung tidur setelah makan, ini akan memicu terjadinya refleksi naiknya asam lambung. 

Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Selain itu, makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga akan membuat kamu kesulitan untuk bangun sahur di esok harinya. 

4. Meminum air putih

Minum air putih sangat penting bagi semua orang. Dehidrasi yang diakibatkan karena berpuasa selama seharian harus segera diobati.

Namun meminum air putih setiap berbuka puasa dan bangun sahur adalah hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: