5 Strategi untuk Menjaga Kesehatan Mental Sebagai Mahasiswa

5 Strategi untuk Menjaga Kesehatan Mental Sebagai Mahasiswa

Strategi untuk Menjaga Kesehatan Mental Sebagai Mahasiswa-Foto : id.pinterest.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Menjaga kesehatan mental adalah hal yang paling crusial untuk mendapatkan kesejahteraan secara keseluruhan, terutama bagi para mahasiswa yang sedang menghadapi berbagai tantangan unik dalam kehidupan akademik dan pribadi mereka.

Menjaga kesehatan mental pada mahasiswa akan berakibat baik pada keberhasilan akademik mereka, mereka akan mengalami perkembangan, moto dan kualitas hidup mereka sebagai mahasiswa pun akan menjadi lebih baik.

Pembahasan pada artikel ini akan membahas tentang 5 strategi efektif untuk menjaga kesehatan mental sebagai mahasiswa.

BACA JUGA:KEREN! 9 Siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon Lolos PTN Jalur Preatasi, 5 Siswanya Tembus ITB

1. Mengatur Gaya Hidup Seimbang

Menyeimbangkan tanggung jawab antara tanggung jawab akademik, melakukan kegiatan refreshing seperti melakukan, olahraga, dan berbelanja di mall akan membuat mahasiswa mendapatkan kesehatan mental yang maksimal.

2. Membuat Rutinitas

Membuat dan berpegang teguh pada rutinitas memberikan struktur dan stabilitas, yang secara signifikan dapat berdampak pada kesehatan mental.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Vetter et al. (2018) menyoroti pentingnya pola istirahat yang teratur akan membuat suasana hati dan fungsi kognitif menjadi baik.

Menetapkan jadwal yang lebih rapi untuk tidur, belajar, berolahraga, dan melakukan kegiatan perawatan diri membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, yang pada akhirnya berkontribusi pada kesejahteraan mental yang lebih baik.

BACA JUGA:Usulan Perbaikan Jalan Cirebon Ditolak Provinsi, Banyak Proyek yang Batal Nih

3. Melakukan self-care

Menjaga kebutuhan fisik, berupa kebutuhan emosional, dan kebutuhan psikologis sangat penting bagi seseorang untuk mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik.

Selain itu juga, menyisihkan waktu untuk melakukan traveling dan  rekreasi dapat memberikan rasa nyaman dan pastinya akan mendapatkan kesejahteraan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: