Menhub Minta Waspadai Bottle Neck di Tol Cipali, 30 Menit Batas Waktu di Rest Area

Menhub Minta Waspadai Bottle Neck di Tol Cipali, 30 Menit Batas Waktu di Rest Area

Potensi bottle neck di Km 153 - 157 yang diakibatkan pertemuan antara Tol Cipali dan Tol Cisumdawu.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Bottle neck yang ada di Tol Cikopo Palimanan diharapkan dapat diwaspadai pengendara maupun aparat saat arus mudik Lebaran 2024.

Sebab, di Jalan Tol Cipali Km 152 - 157 terdapat pertemuan dengan akses keluar dari Jalan Tol Cisumdawu.

Di ruas ini, kendaraan dari arah Jakarta dan Bandung akan bertemu. Tidak hanya itu, di Km 166 terdapat rest area yang kemungkinan menjadi pilihan bagi pengendara dari arah Bandung maupun Jakarta.

Terkait adanya bottle neck di Tol Cipali, sudah diingatkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Menurut dia, adanya kondisi tersebut harus menjadi perhatian serius.

BACA JUGA:Ada Pertemuan Tol Cipali - Cisumdawu, Bakal Jadi Titik Kepadatan Mudik, Lokasinya di Majalengka

"Sekali lagi saya sampaikan bahwa Tol Cipali menjadi satu concern. Di situ ada bottleneck," ujar Budi dalam paparannya di rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran tahun 2024 Provinsi Jawa Barat, di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu, 31, Maret 2024.

Selain itu, Budi Karya meminta agar rest area yang ada di Jawa Barat perlu diperhatikan. Budi Karya mengungkit soal pembatasan waktu kendaraan berhenti di rest area.

Paling tidak pembatasan tersebut sekitar 30 menit agar dapat memfasilitasi pengendara lainnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam pemantauan arus lalu lintas kini Jalan Tol Cipali dan ruas sekitarnya dapat terpantau via Command Center PJR KM 29 dan Command Center KM 188 Cipali.

BACA JUGA:Tinjau Lokasi Kebakaran Gudang Amunisi, Bey Machmudin: Keselamatan Warga yang Utama

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, Command Center KM 29 sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi informasi baik dari BPJT, Jasa Marga, CCTV K3I yang menjadi pusat kendali, informasi, koordinasi selama kegiatan operasi ketupat.

“Jadi hari ini kita meninjau Command Center untuk kegiatan operasi ketupat nanti ini bisa beroperasional, untuk melakukan beberapa tindakan secara cepat kita bisa memantau permasalahan-permasalahan yang ada di jalan secara real time untuk tindakan apa yang harus dilakukan,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Selain meninjau Command Center KM 29, Kakorlantas juga mengecek langsung kesiapan Command Center KM 188 Cipali yang akan siap dioperasionalkan.

“Hari ini juga kita melihat kesiapan Command Center di KM 188, ini kolaborasi dengan Astra beliau dan akan menjadi Command Center lokal untuk jalan tol Cipali yang ada di lingkup khususnya daerah Jawa Barat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: