Selama Arus Mudik, Setiap 5 Menit Kereta Melintas

Selama Arus Mudik, Setiap 5 Menit Kereta Melintas

Selama arus mudik, setiap 5 menit kereta melintas-Abdullah -radarcirebon

 CIREBON, RADARCIREBON.COM - Selama arus mudik hingga arus balik lebaran Idul Fitri, intensitas Kereta Api yang melintas di KAI Daops 3 Cirebon terus meningkat, tidak tanggung-tanggung setiap 5 menit sekali kereta api melintas di wilayah Daops 3 Cirebon.

LVice President PT KAI Daops 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana kepada Radar disela sela Gelar pasukan posko angkutan lebaran dimulai PT KAI Daops 3 Cirebon, Jumat (5/4) di halaman stasiun Kejaksan Mengatakan, selama arus mudik hingga arus balik, kereta api yang melintas di Daops 3 Cirebon tercatat setiap 5 menit sekali melintas.

Melintasnya kereta setiap 5 menit sekali ini mulai dari arah timur maupun barat. “Setiap 5 menit sekali kereta api melintas,” ujar Dicky. Intensitas perjalanan kereta api yang tinggi ini, menurut Dicky, karena adanya kereta api tambahan lebaran, padahal jika

Mengacu jadwal reguler, kereta api yang melintas setiap 7 menit sekali. Jadi selama arus mudik perjalanan kereta api sangat padat. Untuk itu, kata Dicky, masyarakat diminta Untuk berhati-hati ketik melintas rel kereta api karena setiap 5 menit keret lewat.

BACA JUGA: Info Mudik 2024: Contra Flow dan One Way Ditunda, Polisi menjelaskan Penyebabnya

Yang tidak penting menjrut Dicky, justru bagi pemudik dari luar Cirebon ke Cirebon untuk berhati-hati khususnya saat melintas di rel tanpa palang pintu, ketika ingin mengenang pastikan dulu keamanan.

Karena rel tanp pintu perlintasan sangat rawan terjadi kecelakaan, apalagi setiap 5 menit sekali kereta melintas. "Mohon untuk berhati hati khususnya pemudik dari luar cirebon saat hendak melintas rel kereta tanpa palang pintu. Mohon bersabar ketika ada kereta hendak melintas. 

Pihaknya menerangkan PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon telah menetapkan masa Angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari, mulai 31 Maret 2024 sampai dengan 21 April 2024. Guna memastikan kesiapan personel, Daop 3 Cirebon melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024 di halaman Parkir Stasiun Cirebon.

Menurut Dicky, Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daerah Operasi 3 Cirebon menyiapkan personel keamanan sebanyak 305 petugas yang terdiri dari personel tim Posko 21, personel Polsuska 81, personel security 142, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri 61 pribadi. Personil keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, lingkungan stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti Dipo lokomotif dan kereta, serta tetap menjamin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA .

BACA JUGA: Nathan Gagal Perkuat Timnas U23, Pemain Absen Bertambah

Pada bidang pelayanan pelanggan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas Customer Service Mobile (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan selama masa angkutan Lebaran 2024 sejumlah 8 orang.

Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) IRPS Korwil Cirebon, Edan Sepur dan KRD3 sejumlah 38 orang dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang.

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes. Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat.

PT KAI Daop 3 Cirebon  meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA diantaranya dengan melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah, perkuatan penahan tanah pada lokasi rawan amblas dengan retaining wall maupun bronjong serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 17 titik yaitu di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: