Gejala Menopause Dapat Berupa Ini, Perempuan Wajib Tahu!

Gejala Menopause Dapat Berupa Ini,  Perempuan Wajib Tahu!

ilustrasi-Dok-Radar Cirebon

RADARCIREBON.COM - Menopause yang merupakan istilah yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat, berasal dari bahasa Yunani yang berarti berhenti haid (apause in the menses).

Sebagian besar wanita merasa gelisah saat menghadapi masa-masa menopouse, sehingga banyak masalah sederhana menjadi hal yang besar dan bahkan menjadikan putus asa.

Sedangkan menopouse itu sendiri adalah siklus menstruasi secara alami yang biasanya terjadi pada wanita saat memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Wanita dikatakan sudah menopause bilang tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Wanita yang menopouse akan alami banyak perubahan dalam tubuh mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. 

BACA JUGA:Kacang Tanah, Cemilan Ringan yang Kaya Manfaat untuk Penderita Diabetes

Dan perubahan itu dialami secara bertahap disebut gejala menopouse. pada masa itu dinamakan masa perimenopouse yang berlangsung selama beberapa tahun sebelum menopouse dan umumnya dimulai saat usia 40 tahun atau bisa juga lebih awal.

Dalam masa perimenopouse yaitu beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum  menstruasi berhenti, tingkat keparahan gejala yang timbul berbeda-beda pada setiap orang.

Berikut Gejala Menopause yang dilansir dari kemenkes.go.id:

1. Perubahan Siklus Menstruasi

-Menstruasi jadi tidak teratur, bisa terlambat atau lebih awal datangnya (oligomenorea).

-Darah keluar bisa sedikit atau bisa juga banyak.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Segera Tertibkan Pungli di Area Masjid Al Jabbar

2. Perubahan Tampilan Fisik

-Rambut Rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: