Arus Lalu lintas Kembali Normal

Arus Lalu lintas Kembali Normal

Terpantau dari Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), tepatnya di Kecamatan Plumbon. Arus lalulintas di Tol sudah kembali normal-Cecep Nacepi-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Sepekan pasca Lebaran Idul Fitri 2024, sebagian besar pemudik telah kembali ke Jakarta. Terpantau di Jalan Pantura Weru, Kabupaten Cirebon kendaraan yang dari Jakarta menuju Jawa kembali normal. Begitu pula sebaliknya, arus balik mulai senggang.

"Dengan selesainya one way ini, arus lalulintas di Arteri juga sudah kembali normal seperti hari biasa. Kendaraan dari Jakarta mulai senggang. Tapi sebaliknya, dari Jawa masi banyak kendaraan dua balik mudik, tapi lancar," kata Pamen Asistensi Pos Pelayanan Ramayana Weru, Kompol Ahmadi.

Kata Kompol Akhmadi, kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta berkurang lebih dari setengahnya. Saat ini, yang melintas permenitnya, rata-rata sekitar 50 kendaraan. Sementara untuk Senin kemarin (15/4) tercatat masi berada diatas 100 kendaraan yang melintas di arteri permenitnya.

Tercatat oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, dari pukul 00.00 sampai 11.00 WIB, dari arah Jawa menuju Jakarta hanya 16.180 kendaraan. Sebaliknya menuju Jakarta menuju Jawa, hanya 14.226 kendaraan.

BACA JUGA: GEGER! Didi Dilaporkan Hilang Ternyata Sudah Meninggal Dikubur di Lantai Rumahnya

Jumlah tersebut lebih sedikit dari hari Senin (15/4) dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB, yang mencapai 122.622 kendaraan yang melakukan perjalanan balik ke Jakarta. Sementara untuk sebaliknya dari Jakarta menuju Jawa mencapai 95.076 kendaraan.

"Puncaknya ini memang hari Minggu dan Senin, sesuai perkiraan Korlantas Polri. Semalam dinihari pun mulai melanggeng senggan, dan sampai sekarang normal," jelasnya.

Oleh karena itu, dinihari tadi rekayasa lalu lintas di lampu merah Weru yang sebelumnya digunakan untuk satu jalur, kini kembali dinormalkan. Lampu merah menyala kembali, dan pengendara yang hendak menyebrang menuju Sumber bisa lewat Lampu Merah Weru.

"Lampu merah sudah kita normalkan seperti semula, untuk masyarakat yang ingin belok ke pasar, agar tidak jauh memutarnya," terangnya.

BACA JUGA: Revisi RTRW, Komisi III Minta Prioritaskan Zona Hijau

Kendati demikian, untuk u-trun masi belum dibuka, karena masi banyak sisa arus balik mudik yang melakukan perjalanan pulang ke perantauannya.

Sementara itu, di Tol Palimanan puncak arus mudiknya juga terjadi pada hari Minggu dan Senin, saat diberlakukan satu arah. Tercatat pada hari Minggu (14/4) kendaraan yang melintas dari Jawa menuju Jakarta ada sebanyak 115.883 kendaraan dengan perjamnya sekitar 5000 sampai 6.000 kendaraan.

Sementara untuk hari Senin (15/4) kendaraan yang melintas dari Jawa menuju Jakarta ada sebanyak 106.975 kendaraan. Dengan rata-rata perjam sekitar 4.000 sampai 6.000 kendaraan.

Sementara untuk hari Selasa (16/4) dari pukul 00.00 hingga 13.00 WIB, arus lalulintas kembali normal. Kendaraan yang melintas hanya sebanyak 33.688 kendaraan, dengan rata-rata perjam sekitar 1.500 sampai 3.000 kendaraan, yang didominasi oleh kendaraan dari Jawa menuju Jakarta. (cep)

BACA JUGA: Pelanggaran Indonesia Ditinjau VAR, Qatar Tidak, Ternyata Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: