Gunung Ruang di Sulawesi Utara Erupsi, Munculkan Fenomena Alam Ini

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Erupsi, Munculkan Fenomena Alam Ini

Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara mengalami erupsi pada Rabu 17 April 2024.-PVMBG -

SITARO, RADARCIREBON.COMGunung Ruang yang berada di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada Rabu 17 April 2024 sore hingga malam mengalami erupsi.

Berdasarkan laporan tertulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM bahwa  aktivitas erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi 3.000 meter keluar dari kawah Gunung Ruang.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Ruang Julius Rampolii dalam laporannya, Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA:Jelang Laga Lawan Indonesia, Begini Komentar Pelatih Australia U-23

BACA JUGA:Manfaatkan DD untuk Gelar Pembangunan, Kemenkeu Apresiasi 2 Desa di Sumedang

BACA JUGA:Surat Protes Resmi Dilayangkan, Ini Tuntuan PSSI ke AFC

Bahkan, Erupsi yang terjadi malam ini pukul 20.15 WITA,lLetusan eksplosif Gunung Ruang memunculkan fenomena alam kilatan petir vulkanik.

Sehari sebelumnya, yakni Selasa 16 April 2024, PVMBGsudah menaikkan status dari sebelumnya Normal menjadi Waspada pada Gunung Ruang terhitung sejak pukul 10.00 WITA.

Kemudian, di hari yang sama pada pukul 16.00 WITA, PVMBG kembali menaikkan status dari sebelumnya Waspada menjadi Siaga.

BACA JUGA:H+7 Lebaran 2024, Sekda Herman: Inflasi di Jabar Terkendali

BACA JUGA:Motif Pelaku Perusakan 2 Kafe di Indramayu, Ternyata Pakai Ketapel Bukan Senjata Api

BACA JUGA:Winadi Menyatakan Kesiapannya Maju di Pilkada Kabupaten Cirebon, Inilah Misinya

Hal ini berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Ruang agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius empat kilometer dari pusat kawah aktif gunung api bertipe strato tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: