Bantuan Rp22 Miliar dari Provinsi Mengalir ke Kuningan, Berikut Ini Proyek yang Akan Dikerjakan

Bantuan Rp22 Miliar dari Provinsi Mengalir ke Kuningan, Berikut Ini Proyek yang Akan Dikerjakan

Jalan Lingkar Timur Kuningan masuk daftar proyek perbaikan ruas jalan yang akan dikerjakan tahun 2024. Foto: -Agus Sugiarto-Radar Kuningan

"Sekarang lagi persiapan lelang. Ada 10 titik ruas jalan kabupaten yang akan diperbaiki. Mudah-mudahan saja proses lelangnya berjalan lancar," kata Teddy.

Kemudian Teddy merinci 10 ruas jalan mana saja yang mendapat alokasi perbaikan yang pendanaannya bersumber dari bankeu. 

BACA JUGA:Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya, Azrul Ananda Takjub Pemandangan Gunung Cakrabuana

Yakni penataan trotoar di dalam Kota Kuningan, rehabilitasi jalan Ciawigebang-Suganangan, Kadurama-Kalimanggis dan juga rehabilitasi jalan Purwasari-Sindangagung. 

"Ruas jalan lingkar timur juga akan direhabilitasi. Lajur sebelahnya akan dihotmik. Anggarannya Rp2 miliar. Panjangnya antara 1,5 hingga 2 kilometer. Yang lajur sebelahnya kan sudah dihotmik di tahun 2023 lalu," tutur Teddy. 

Rehabilitasi jalan, lanjut Teddy, juga menyentuh ruas Cibingbin-Citenjo, Cigedang-Cineumbeuy, Ciputat-Geresik dan Maleber- Pakembangan. 

Sedangkan anggaran rehabilitasi jalan yang berasal dari DAK hanya satu ruas jalan yakni Ciwaru-Cilebak. 

Rehabilitasi jalan yang anggarannya dari DAK akan dilakukan mulai level struktur, pondasi, perbaikan ulang dan dibersihkan semua. 

Supaya nanti bisa dihotmik 2 lapis langsung, panjang jalan 4 kilometer dengan anggaran mencapai Rp8 miliar.

“Sekarang sedang proses dengan Bagian Barang Jasa Setda Kabupaten Kuningan untuk lelang dulu. Mudah-mudahan di bulan depan udah mulai pelaksanaan,” ungkapnya.

Menurut Kabid Tedy, dalam pelaksanan perbaikan jalan mohon kerja samanya dari masyarakat karena nanti diperlukan untuk saluran di titik-titik yang rawan. 

Untuk itu masyarakat yang tanahnya berada dititik rawan untuk menghibahkan sekitar 1 Meter untuk dibuatkan pondasi saluran air. 

“Jadi biar air dari sawah itu nggak tumpah ke jalan,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: