Jelang Laga Indonesia vs Irak, Presiden dan Wapres RI: Yakin Lolos Olimpiade 2024

Jelang Laga Indonesia vs Irak, Presiden dan Wapres RI: Yakin Lolos Olimpiade 2024

Timnas U-23 Indonesia melakukan selebrasi usai memenangkan pertandingan di Piala Asia U-23 2024. Foto:-PSSI-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Timnas Indonesia masih memainkan satu laga lagi di Piala Asia U-23 2024 untuk memperebutkan peringkat ketiga sekaligus tiket ke Olimpiade Paris secara otomatis.

Dalam laga yang berlangsung Kamis 2 Mei 2024 malam, Indonesia akan melawan Irak yang juga tak lolos ke babak final Piala Asia U-23 karena dikalahkan Jepang.

Menanggapi laga tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan optimismenya terhadap skuad Timnas Indonesia U-23 untuk masuk ke Olimpiade Paris 2024.

BACA JUGA:Hore! Megawati Kembali Perkuat Red Sparks Usai Proliga 2024

BACA JUGA:Tahun 2024, Pemerintah Buka Rekrutmen Calon ASN Sebanyak 2,3 juta Formasi, Catat Jadwalnya!

“Kalau feeling saya masuk Olimpiade kita Insya Allah,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai menyerahkan sertifikat tanah elektronik kepada masyarakat di GOR Tawang Alun, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa 30 April 2024.

Presiden juga menyebut bahwa dalam sebuah pertandingan pasti ada kemenangan dan kekalahan.

Meskipun belum memperoleh kemenangan, Presiden Jokowi mengapresiasi semangat dan perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

“Ya sebuah pertandingan itu pasti ada menang ada kalah dan tadi malam saya melihat dengan semangat kerasnya, dengan perjuangan kerasnya timnas U-23 memang belum memperoleh kemenangan,” ungkap Presiden.

BACA JUGA:Microsoft Jadi Investasi di Indonesia, Ini yang Bakal Mereka Garap…

BACA JUGA:Tambah Kuat! Proses Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam On Target

Untuk diketahui, meskipun kalah dari Uzbekistan, Garuda Muda masih berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 lewat dua jalur.

Jalur pertama adalah dengan meraih juara ketiga Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan timnas Irak U-23 pada Kamis 2 Mei 2024 mendatang.

Jika kalah melawan Irak, tim asuhan Shin Tae-yong harus menjalani laga play-off interkontinental melawan wakil dari Afrika, timnas Guinea U-23 dan memenangi laga tersebut agar asa tampil di Olimpiade Paris 2024 bisa terwujud.

BACA JUGA:Wow! Jika Menang Lawan Irak, Indonesia Segrup dengan Peringkat 1 FIFA di Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Besok May Day, Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa Buruh di Jakarta

“Kalau kita harapkan bisa masuk. Kalau ndak, masih ada pertemuan lagi nanti dengan Guinea dari Afrika,” tutup Presiden.

Sementara, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta Timnas Indonesia U-23 dapat fokus mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 dengan meraih posisi juara 3 Piala Asia U-23 2024 melawan Irak.

Wapres meminta agar skuad Garuda Muda tidak berkecil hati dan bisa melupakan kekalahan setelah gagal melaju ke babak final Piala Asia U-23 2024 usai dikalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0, pada laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin 29 April 2024.

BACA JUGA:Vietnam Punya Pelatih Baru dari Korea Selatan, Katanya Sih Sohibnya Shin Tae-yong

"Jadi kita lupakan saja kekalahan dari Uzbekistan. Kita kembali fokus, supaya semangat tumbuh dan harus menang melawan Irak, supaya nanti bisa ikut di Olimpiade, walaupun sebagai juara 3," kata Wapres saat memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa 30 April 2024.

Dalam penilaiannya, Wapres melihat Timnas Indonesia telah bermain cukup baik saat melawan Uzbekistan dan menjadi prestasi yang patut dihargai karena telah masuk ke tahap semifinal.

Di sisi lain jika berhasil merebut juara 3, sambung Wapres, Timnas Indonesia akan kembali menorehkan sejarah karena berpartisipasi dalam ajang Olimpiade, setelah penampilan terakhir pada Olimpiade 1956 atau 68 tahun lalu.

BACA JUGA:4 HP Samsung Terbaru 2024 Beserta Keterangan Spesifikasinya

Lebih jauh, Wapres mengatakan bahwa dirinya optimistis Timnas Indonesia mampu mengalahkan Irak, mengingat kedua kesebelasan memiliki kualitas yang sama.

"Irak ini dikalahkan oleh Jepang. Jepang pernah dikalahkan oleh Korea Selatan. Jadi sebenarnya seimbang saja permainannya itu. Kita mengalahkan Korea Selatan, sebenarnya sama," kata Wapres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase