Mantap! Pemkab Cirebon Sabet Penghargaan Prestasi Level Tiga Bidang UKPBJ

Mantap! Pemkab Cirebon Sabet Penghargaan Prestasi Level Tiga Bidang UKPBJ

PENGHARGAAN. Pemkab Cirebon meraih penghargaan dari LKPP atas pencapaian dalam UKPBJ Proaktif tahun 2024.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten Cirebon menyabet penghargaan bergengsi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) atas pencapaian dalam Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Proaktif tahun 2024.

Penghargaan itu diberikan pada acara Rapat Koordinasi UKPBJ Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 yang diselenggarakan di Karawang Jumat, 26 April 2024.

Penghargaan ini diakui sebagai bukti nyata Pemkab Cirebon berhasil menjalankan proses Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) dengan efektif dan efisien. Apresiasi ini juga memacu UKPBJ Pemkab Cirebon untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam memberikan pelayanan terbaik dalam proses PBJ di Kabupaten Cirebon.

"Kunci keberhasilan ini adalah atas kerja keras dan komitmen seluruh tim pengelola PBJ di Kabupaten Cirebon yang telah memenuhi berbagai kriteria yang ditetapkan, seperti tingkat kematangan proaktif dan nilai Indeks Tata Kelola Pengadaan yang baik," kata Kabag Barang dan Jasa Setda Kabupaten Cirebon, Uus Sudrajat ST.

BACA JUGA:Api Berkobar di Tol Cikampek KM 5, Avanza Alami Kecelakaan

Menurut Uus, untuk kriteria penilaian sendiri, didasarkan pada beberapa faktor yakni, tingkat kematangan proaktif pada tahun 2024, tingkat keterisian pejabat fungsional PBJ minimal 60 persen, nilai Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) minimal baik (lebih dari 70 persen) serta pimpinan tertinggi tidak terjerat permasalahan hukum di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

"Penghargaan ini, tentunya menjadi dorongan UKPBJ untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas layanan dalam proses PBJ, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan pelayanan publik dan penggunaan produk dalam negeri," terangnya

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs Imron MAg, menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang membuat pencapaian ini menjadi mungkin.

"Penghargaan dengan tingkat kematangan level tiga proaktif, menunjukkan bahwa mereka telah berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi dan penguatan fungsi perencanaan," terangnya.

BACA JUGA:Monyet Ekor Panjang Muncul di Perumahan Bima Cirebon, Berebut Makan dengan Kucing

"Selain itu, partisipasi UKPBJ sejak identifikasi kebutuhan, perencanaan, penganggaran, hingga evaluasi menjadi bagian dari penilaian untuk indikator penghargaan ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, target setiap UKPBJ adalah mencapai tingkat kematangan level 3 yakni proaktif untuk dapat disebut sebagai UKPBJ yang menjadi pusat keunggulan pengadaan atau Procurement Center of Excellence.

Hal ini juga sejalan dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang tertuang dalam Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi. Yang bertujuan mencegah korupsi melalui sistem pengadaan yang lebih transparan dan efektif. "Salah satu ukuran keberhasilannya adalah tercapainya tingkat kematangan UKPBJ minimal level tiga," tambah Imron

Perlu diketahui, penghargaan prestasi level tiga bidang UKPBJ ini disampaikan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jawa Barat, Gandjar Yudniarsa dan Plt Deputi Pengembangan dan Pembinaan SDM LKPP RI, Hermawan. (sam)

BACA JUGA:Amanda Bey Machmudin Apresiasi PKK Kota Depok Menurunkan Kasus DBD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: