IAIN Cirebon Bakal Jadi UIN Siber, Mahasiswa Ilmu Hadis Mengadakan Dialog

IAIN Cirebon Bakal Jadi UIN Siber, Mahasiswa Ilmu Hadis Mengadakan Dialog

Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis Mengadakan Dialog Internasional sebagai Upaya Penyelarasan terhadap Program Kampus yang Akan Bertransformasi Menjadi UIN Siber.-Foto: Dai-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis (HIMA-ILHA) mengadakan acara dialog internasional dengan tema "Pemuda Hari Ini Adalah Pemimpin Dimasa Depan," yang diselenggarakan di Auditorium FEBI, Senin 29 April 2024,  

Dialog internasional pada dasarnya adalah percakapan atau pembicaraan resmi yang dilakukan antara perwakilan dari dua negara atau lebih. 

Acara ini merupakan terobosan terbaru dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis Kabinet Galih Manggala, yang dimana acara ini adalah bentuk dukungan terhadap kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang akan bertransformasi menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. 

BACA JUGA:Hari Buruh Internasional, Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi Resmikan Jembatan Cikarang

BACA JUGA:Peringati Hari Buruh, Warga Diajak Dangdutan

Acara ini diawali dengan opening ceremony yang dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa dan Ketua Umum Senat Mahasiswa, setelah itu diisi dengan dialog bersama narasumber dari Mesir, Madinah dan Santri dari Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes, yang dimana pernah menjuarai lomba debat di Qatar. 

Dalam sambutannya, Abdul Muhyi selaku Ketua Umum Senat Mahasiswa menyebutkan bahwasannya ini adalah terobosan baru, dan ajang menjalin relasi dengan sesama Mahasiswa. 

Muhammad Said selaku ketua umum Himpunan Mahasiswa Ilmu Hadis dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini ajang untuk mendukung lembaga IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang akan bertransformasi menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Kemudian, acara ini berlandaskan pada hadist nabi yang isinya mengajarkan bahwasanya berdialog adalah kurikulum dan metode pembelajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad S. A. W sebagaimana hadis yang tertulis dalam kitab hadis arba'in. "

BACA JUGA:SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Borong Juara Di Ajang Felka Tingkat Nasional

BACA JUGA:Hari Buruh, CSB Mall dan BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan JKM

Beberapa dampak yang akan dirasakan antara lain: 

1. Dialog ini diharapkan dapat membantu program studi Ilmu Hadis dalam beradaptasi dengan era digital dan transformasi kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

2. Mahasiswa Ilmu Hadis mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang kepemudaan, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase