IPB Cirebon Dukung Pendidikan Inklusi, Jalin Kerja Sama SDN Gunungsari Dalam

IPB Cirebon Dukung Pendidikan Inklusi, Jalin Kerja Sama SDN Gunungsari Dalam

KERJA SAMA: IPB Cirebon melalui Prodi PGSD menjalin kerjasama dengan SDN Gunungsari Dalam yang merupakan satu dari sejumlah SD Negeri di Kota Cirebon yang telah menerapkan pendidikan inklusi. -istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - IPB Cirebon berkomitmen untuk melahirkan tenaga pendidik yang berkualitas. Terlebih, saat ini guru berperan strategis dalam mewujudkan penerapan pendidikan inklusi dan pembelajaran diferensiasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Untuk mewujudkan itu, IPB Cirebon melalui Prodi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) menjalin kerja sama dengan SDN Gunungsari Dalam. SDN Gunungsari Dalam sendiri merupakan satu dari sejumlah SD Negeri di Kota Cirebon yang telah menerapkan pendidikan inklusi.

Dosen PGSD IPB Cirebon, Tria Aditya Nugraha MPd mengatakan bahwa kerja sama dengan SDN Gunung Sari Dalam itu dilakukan melalui penandatanganan MoU, pada Kamis (2/5/2024) lalu.

Kerja sama itu, lanjutnya dilakukan dalam hal tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita sudah mulai mengimplementasikannya," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemakaman Anita Diduga Korban Pembunuhan di Kedawung, Kedatangan Jenazah Korban Disambut Isak Tangis Keluarga

Selain itu, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan sekolah lain yang menerapkan Pendidikan Luar Biasa (PLB), termasuk dengan SLB yang ada di Kabupaten Cirebon.

Untuk diketahui, pendidikan inklusi adalah suatu kebijakan pemerintah dalam mengupayakan pendidikan yang bisa dinikmati oleh setiap warga negara agar memperoleh pemerataan pendidikan tanpa memandang anak berkebutuhan khusus maupun anak-anak pada umumnya agar bisa bersekolah dan memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas untuk masa depan kehidupannya.

Dosen PGSD IPB Cirebon lainnya, Zakiyah Ismuwardani MPd berharap dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi para mahasiswa di bidang pendidikan luar biasa.

“Di PGSD kami ada mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, jadi dengan ini para mahasiswa dapat memahami dan dapat menangani siswa yang memang berkebutuhan khusus," pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Momen Erick Thohir Bungkukan Badan di Hadapan Pemain, Salut Perjuangan Timnas Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: