Ratusan Warga Terlibat Aksi Bersih TPS Liar di Desa Gebang

Ratusan Warga Terlibat Aksi Bersih TPS Liar di Desa Gebang

BERSIH-BERSIH SAMPAH: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan bersama ratusan orang yang terdiri dari unsur masyarakat-Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kondisi tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon dibersihkan tim sapu bersih TPS  liar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon yang bekerjasama dengan sejumlah unsur masyarakat, komunitas peduli lingkungan, pemerintah desa dan kecamatan, Minggu (12/5).

Tak tanggung-tanggung, ratusan orang terlibat dalam pembersihan TPS liar kali ini dengan memperlihatkan semangat dengan tidak hanya membersihkan satu titik TPS liar, melainkan lokasi lain yang kondisinya mengharuskan untuk segera dilakukan pembersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan menuturkan, pihaknya dibuat kagum dengan semangat yang ditujukan warga dalam kegiatan kali ini. Terlebih adanya keterlibatan secara aktif dari unsur TNI-Polri, para pelajar, serta ibu-ibu PKK yang terjun langsung mengikuti aksi.

Pihaknya berharap, melalui aksi bersih TPS liar,  warga dapat menjaga lingkungan dengan tidak kembali membuang sampah di lokasi tersebut, serta dapat melakukan upaya pengurangan sampah mulai dari diri sendiri, dengan memilah sampah mulai dari rumah, ataupun dapat memanfaatkan kembali sampah, baik anorganik maupun organik.

BACA JUGA:Soroti Kriteria Raperda Bantuan Hukum Orang Miskin

Sementara itu, Kuwu Desa Gebang Rusdi mengatakan, persoalan sampah menjadi salah satu pekerjaan rumah pihaknya. Mengingat keberadaan TPS liar selain banyak dikeluhkan akibat bau yang ditimbulkan, juga turut membahayakan warga, karena tak sedikit warga yang mengalami kecelakaan saat membuang sampah di lokasi TPS liar.

Ia berkomtimen akan merealisasikan pembangunan TPS resmi pada tahun ini yang nantinya akan melakukan kerjasama pengangkutan sampah dengan DLH.

Sebagai upaya agar lokasi yang sudah diberihkan tidak kembali menjadi tempat pembuangan sampah, tim saber TPS liar melakukan penanaman sejumlah pohon, serta pemasangan spanduk sebagai bentuk komitmen untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam kegiatan ini, DLH melakukan diskusi bersama warga untuk menyerap aspirasi yang ingin disampaikan warga guna menyelesaikan persolan sampah di Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Seorang Pria Gantung Diri di Sindanghaji Majalengka, Dokter dan Kepolisian Memastikan Hal Ini

Selain itu, tak ketinggalan turut dilakukan sosialiasi tentang pemanfaatan sampah organik yang dapat dijadikan pupuk  oleh salah satu pegiat lingkungan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: