Bupati Imron Lepas Keberangkatan Calhaj asal Kabupaten Cirebon

Bupati Imron Lepas Keberangkatan Calhaj asal Kabupaten Cirebon

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg melepas keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Cirebon, di Asrama Haji Watu Belah Sumber, Senin (13/5).-Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Bupati Cirebon Drs H Imron MAg bersama Kepala Kemanag Kabupaten Cirebon H Asep Saefudin Jazuli, melepas keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Cirebon, di Asrama Haji Watu Belah Sumber, Senin (13/5).

Dalam sambutannya, Bupati Imron menyampaikan kepada para calon jamaah haji, untuk bersyukur bisa berangkat haji pada tahun ini. Karena, menurutnya, untuk bisa berangkat haji di Indonesia, harus menunggu antrean hingga puluhan tahun. “Saat ini, antreannya sudah 22 tahun. Sehingga yang berangkat sekarang, harus bisa bersyukur,” ujar Bupati Imron.

Dalam kesempatna itu, Bupati Imron juga berbagi pengalaman, terkait dengan cara agar tidak tersesat ketika sedang melaksanakan ibadah haji. Menurutnya, tersesat merupakan permasalahan yang paling banyak dialami oleh para calon jamaah haji.

Agar tidak tersesat, ujar Bupati Imron, calon jamaah haji harus bisa mengetahui tempat penginapannya, baik itu dari namanya ataupun lokasinya. Ia menyarankan kepada calon haji, untuk bisa menghafal juga gedung-gedung yang ada di sekitar penginapannya. “Hal itu cukup membantu kita untuk mencari tempat penginapan,” kata Bupati Imron.

BACA JUGA:Kelas BPJS Kesehatan Dihilangkan, Ini Gantinya

Selain itu, jika calon haji bisa menjelaskan tempat penginapannya dengan cukup jelas, membuat para petugas akan lebih mudah untuk mengantarkannya pulang. Ia juga meminta kepada para calon jamaah haji, untuk tidak panik saat tersesat.

Karena, menurutnya, pemerintah Indonesia biasanya mendirikan cukup banyak posko untuk membantu para jamaah. Oleh karena itu, jika para calon haji tersesat, Bupati Imron menyarankan untuk meminta bantuan kepada sekretariat yang ada bendera Indonesianya. “Kalau ada bendera merah putihnya, masuk saja, lalu minta tolong,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Imron juga mewanti-wanti kepada para calon haji, untuk mewaspadai cuaca yang saat ini cukup panas di Arab Saudi. Ia menyarankan kepada para jamaah, untuk lebih sering meminum air putih dan tidak bepergian jika tidak begitu penting. “Biasanya, yang bikin capek itu karena kebanyakan jalan-jalan,” ujarnya.

Ia juga beraharap, para calon jamaah haji asal Kabupaten Cirebon, bisa mendapatkan haji yang mabrur dan bisa kembali pulang ke tanah air dengan selamat.

BACA JUGA:Kebakaran Rumah di Kabupaten Cirebon, Hati-hati, Penyebabnya Ternyata Hal Sederhana

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon Asep Saefudin Jazuli mengungkapkan, bahwa calon haji yang berangkat pada hari ini (Senin), berjumlah 440 jamaah, yang terdiri dari 432 calon haji dan 8 petugas.

Ia juga menyebutkan, bahwa rombongan jamaah haji asal Kabupaten Cirebon ini, berangkat dengan satu pesawat.
Rencananya, calhaj asal Kabupaten Cirebon ini akan menginap terlebih dahulu di Embarkasi Indramayu dan baru akan terbang besok harinya. “Insya Allah besok (Selasa) berangkat dari Indramayu jam 11, kemudian terbang sekitar jam 14.00,” kata Asep. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: