Terjadi Kesalahan Input Data Berkas Pendaftaran PPDB 2024, Begini Cara Mengatasinya
--
CIREBON, RADARCIREBON.COM – Bagi para pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), khususnya tingkat SMA, SMK dan SLB di Jawa Barat (Jabar) harus seksama dalam menyiapkan berkas pendaftaran.
Apalagi, saat ini sistem pendaftaran PPDB Jawa Barat 2024 menggunakan tata cara online, meskipun pendaftaran langsung ke sekolah masih dibolehkan.
Sebab, satu kesalahan saja bisa mempengaruhi proses penerimaan di sekolah yang dituju.
Makanya, perlu perhatian ekstra dalam mengecek dan memperbaiki berkas yang diperlukan.
BACA JUGA:Juara Liga 1 Indonesia Musim 2023-2024, Pemain Persib Bandung di Guyur Kadeudeuh dari Pemprov Jabar
BACA JUGA:Warga Kota Cirebon Kembali Tolak Kenaikan Tarif PBB 2024, Dari Rp6 Juta Menjadi Rp60 Juta
BACA JUGA:Bulan Juni, Full Jadwal Timnas Indonesia, Malam Ini Lawan Ukraina, Tayang di Televisi
Biasanya, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi pada saat pendaftaran PPDB, seperti:
Salah Masukan Data
Kesalahan input data seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, NIK, dan data lainnya seringkali terjadi karena kurangnya perhatian saat pengisian formulir.
Salah Berkas
Kesalahan pada berkas seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Rapor, atau sertifikat lainnya dapat mempengaruhi kelancaran proses pendaftaran.
Lalu, bagimana cara memperbaiki berkas pendaftaran PPDB yang sudah terlanjur salah?
BACA JUGA:H Kamdan Ramaikan Bursa Calon Bupati Kuningan, Bakal Berpasangan dengan Dr Alfan?
BACA JUGA:Terima Surat Rekomendasi, Eti Herawati Langsung Roadshow ke DPD Gerindra Jabar, Ini yang Dilakukan
BACA JUGA:Saksi Meringankan Bertambah, Mengetahui Pegi ada di Bandung saat Kejadian
Identifikasi Berkas
Sebelum memperbaiki, identifikasi terlebih dahulu jenis kesalahan yang terdapat pada berkas pendaftaran PPDB. Pastikan kamu mengecek semua dokumen dengan teliti.
Perbaiki Berkas Identitas
Jika terdapat kesalahan pada berkas identitas seperti Kartu Keluarga (KK) atau Akta Kelahiran:
- Konfirmasikan kesalahan kepada panitia PPDB untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.
- Segera lakukan perbaikan data ke Dinas Kependudukan setempat dan minta Surat Keterangan Perbaikan Data.
- Unggah ulang berkas yang sudah diperbaiki ke sistem pendaftaran PPDB.
BACA JUGA:Nilainya Mencapai Rp10,2 Miliar, KPK Serahkan Barang Rampasan Negara ke Pemkab Indramayu
BACA JUGA:Benarkah Pegi Setiawan Akan Dipindah ke Nusakambangan? Pengacara: Engga Masuk Akal!
Perbaikan Berkas Sekolah Asal
Apabila terdapat kesalahan pada berkas seperti Rapor atau Ijazah dari sekolah asal:
- Hubungi panitia PPDB untuk meminta akses perbaikan data.
- Komunikasikan kesalahan ke sekolah asal untuk meminta perbaikan.
- Setelah diperbaiki, pastikan untuk mengunggah berkas yang sudah benar ke sistem PPDB.
- Perbaikan Berkas Sertifikat atau Penghargaan
Jika terdapat kesalahan pada sertifikat atau penghargaan yang kamu miliki:
BACA JUGA:Maskot Pilkada Kuningan Pika dan Piku Resmi Diluncurkan, Ternyata Begini Makna Filosofisnya
BACA JUGA:Saka Tatal Tiba di Bandung, Penuhi Panggilan Perihal Pegi Setiawan
- Konfirmasikan kesalahan kepada panitia PPDB.
- Komunikasikan dengan penyelenggara kegiatan terkait untuk melakukan perbaikan nama pada sertifikat atau penghargaan.
- Setelah diperbaiki, unggah berkas yang sudah benar ke sistem pendaftaran PPDB.
Penting untuk diingat bahwa proses perbaikan berkas pendaftaran PPDB dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan panitia masing-masing daerah. Pastikan untuk terus berkomunikasi dengan panitia PPDB terkait langkah-langkah yang perlu diambil.
Memastikan berkas pendaftaran PPDB tidak mengalami kesalahan adalah langkah penting yang harus diambil sejak awal.
BACA JUGA:Pertama di Kabupaten Cirebon, Lionsport Billiard Punya Visi Cetak Atlet Biliar Nasional
Namun, jika kesalahan sudah terjadi, maka perbaikan secepatnya perlu dilakukan agar tidak mempengaruhi proses pendaftaran.
Pastikan untuk selalu teliti dan berhati-hati dalam mengurus berkas pendaftaran agar tidak terjadi masalah. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: reportase