Menuju Kampanye Pilkada Jawa Barat Yang Ramah, Bukan Marah

Menuju Kampanye Pilkada Jawa Barat Yang Ramah, Bukan Marah

Ahyarudin SPdI, mahasiswa S2 UMJ dan pegiat kepemiluan.--

PADA akhir ramadan beberapa tahun lalu, tepatnya hari minggu tanggal 18 Juni 2017, saya memenuhi panggilan seseorang untuk proses wawancara. 

Rencana wawancara berlangsung di Saung Juang, depan kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon (kini UINSSC). 

Permintaan tersebut disampaikan saat saya berada di atas Kereta Api, waktu itu hendak menuju Jakarta untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Megawati Institute, bertema “Ngaji Bareng Bung Karno”.

Sepulang dari Jakarta, beliau mengingatkan kembali tentang rencana wawancara. Sembari kemudian menyampaikan kisi-kisi pertanyaan yang hendak dibahas. 

Nampaknya, materi-materi yang diperlukan sebagai jawaban nanti, tidak begitu berat. Disamping sudah menjadi menu keseharian, saya dan seorang yang akan mewawancarai, kita berdua sama-sama pegiat pada isu itu. 

BACA JUGA:Penjabat Gubernur Jabar Minta Semua Pihak Aktif Cegah Perundungan, Bisa Lapor ke Aplikasi Sapawarga

Bahkan, dalam kegiatan yang diselenggarakan Fahmina Institute melalui program SETAMAN (Sekolah Cinta Perdamaian), kami ada di satu kelompok yang sama sebagai fasilitator di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Ada lima kisi pertanyaan yang beliau sampaikan melalui percakapan massage di handphone, yaitu:

Pertama, bagaimana anda melihat Pilkada Jawa Barat? Apakah Pilkada Jawa Barat akan terimbas kisruh politik yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu? 

Kedua, menurut anda bagaimana cara mengantisipasi agar isu SARA tidak mengemuka di Pilkada Jawa Barat? 

Ketiga, apa yang seharusnya dilakukan untuk tetap menjaga persatuan antar umat beragama ketika isu SARA sering menjadi permasalahan dalam perpolitikan kita? 

Keempat, menurut anda (komunitas Ahmadiyah, Syiah, Kristen) siapa Gubernur yang bisa merangkul semua kelompok minoritas di Jawa Barat? 

Kelima, apabila ada perpecahan dalam Pilgub Jawa Barat apa yang akan dilakukan oleh tokoh lintas iman?

BACA JUGA:Cirebon Power Berikan Bantuan Puluhan Hewan Kurban Untuk Warga Sekitar Pembangkit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: