Respon BPIP Soal Pemberitaan Kristianie, Calon Paskibraka Asal Maluku yang Batal Ikut Verifikasi Tingkat Pusat

Respon BPIP Soal Pemberitaan Kristianie, Calon Paskibraka Asal Maluku yang Batal Ikut Verifikasi Tingkat Pusat

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan respon atas pemberitaan Kristianie Lumatalale yang batal mengikuti verifikasi calon Paskibraka di tingkat pusat.

Diketahui, Kristianie Lumatalate merupakan calon Paskibraka asal Provinsi Maluku yang mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera Merah Putih tingkat pusat.

Namun, karena faktor kesehatan, Kristianie Lumatalate dinyatakan tidak lolos untuk mengikuti tahapan seleksi dan verifikasi tingkat pusat.

BACA JUGA:Ade Zakir Hasim Dilantik sebagai Penjabat Bupati Bandung Barat yang Baru, Begini Pesan Bey Machmudin

BACA JUGA:Alhamdulillah! Tiga Wakil Indonesia Masuk Final Australia Open 2024, Berikut Rinciannya

Dalam keterangan tertulisnya, BPIP menyatakan penyesalannya atas ketidaklolosan Kristianie Lumatalate hingga level pusat.

Padahal, Kristianie Lumatalate merupakan salah satu bakal calon Paskibraka terbaik yang berasal dari Provinsi Maluku dan punya cita-cita menjadi Paskibraka tingkat nasional.

"BPIP menyesal karena salah satu calon Paskibraka terbaik tingkat nasional dari Malaku harus terhenti di tingkat provinsi karena kondisi kesehatan," demikian keterangan tertulis BPIP yang diterima radarcirebon.com, Sabtu 25 Juni 2024 malam.

Dijelaskan, bahwa bakal calon Paskibraka yang akan mengikuti verifikasi di tingkat pusat diwajibkan untuk melaksanakan medical check up yang mencakup darah lengkap, fungsi ginjal (ureum kreatinin), fungsi liver (SGOT, SGPT), tes penyakit menular (anti HIV,VDRL,TPHA), urine, EKG dan rontgen Thorax PA. 

BACA JUGA:MUI Jelaskan Soal Keluarnya Fatwa Larangan Salam Lintas Agama

BACA JUGA:Jamaah Haji Berkumpul di Arafah untuk Laksanakan Wukuf, Begini Saran dan Imbauan Kemenag

"Hasil medical check up tersebut kemudian disampaikan kepada Panitia Pusat untuk untuk dilakukan verifikasi," lanjut keterangan tertulis tersebut.

Kemudian, panitia pusat menyampaikan nama calon Paskibraka yang telah dilakukan verifikasi administrasi kesehatan untuk diberangkatkan mengikuti verifikasi lanjutan (termasuk pemeriksaan kesehatan lanjutan) di Jakarta.

"Berdasarkan hasil verifikasi administrasi kesehatan calon Paskibraka dari Maluku oleh Panitia Pusat BPIP, Kristianie Lumatalale dinyatakan memiliki catatan medis yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan Calon Paskibraka Tingkat Pusat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase