Wajib Tahu! 5 Makanan Khas Cirebon yang Bisa Dijadikan Sebagai Oleh-oleh

Wajib Tahu! 5 Makanan Khas Cirebon yang Bisa Dijadikan Sebagai Oleh-oleh

Makanan Khas Cirebon-Foto : kompas.com-radarcirebon.com

BACA JUGA:SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon Gebyar Spalzha Panen Karya

Seperti gula, kopi, dan rempah lainnya namun tidak bisa menanam padi.

Kondisi tersebut membuat masyarakat Cirebon tidak memiliki persediaan makanan yang mencukupi sehingga hanya bisa menanam singkong untuk kebutuhan makan sehari hari.

Pada massa sulit itu lahirlah sebuah makanan berbahan baku singkong yaitu adalah kerupuk melarat yang sampai saat ini terus di jaga kelestarianya oleh masyarakat cirebon.

4. Kue Moci

Kue moci merupakan kue yang berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan dan biasanya memiliki adonan kacang sebagai isinya.

Kue tradisional cirebon ini terbuat dari tepung ketan. Di dalamnya terdapat berbagai macam isian, seperti kacang hijau, kelapa, dan cokelat.

BACA JUGA:Jadwal Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Ketemu Raja Asia di Awal Laga

Kue moci memiliki tekstur yang chewy dan lembut sehingga membuat makanan ini begitu banyak digemari oleh para wisata yang sedang berkunjung ke cirebon.

5. Terasi Cirebon

Cirebon dikenal sebagai kota udang, yang memiliki beragam pilihan oleh-oleh khas cirebon yang berbahan dasar udang, salah satunya adalah terasi.

Oleh-oleh khas cirebon yang satu ini memiliki aroma yang cukup khas dan kuat. Terasi Cirebon sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan campuran sambal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: