UGJ kedatangan Tamu dari University of Poitiers Perancis

UGJ kedatangan Tamu dari University of Poitiers Perancis

UGJ kedatangan Tamu dari University of Poitiers Perancis -Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Satu kehormatan bagi Universitas Swadaya Gunun Jati (UGJ) Cirebon karena mendapatkan kunjungan tamu Guru besar dari University of Poitiers Perancis. Kedua orang itu adalah  Prof Christine Imbert dan Cecile Mariving Mounir.

Rektor UGJ Cirebon, Prof DR Achmad Faqih MM mengapresiasi kehadiran dosen dari University of Poitiers Perancis yakni Prof Christine Imbert dan Cecile Mariving Mounir. Dalam kunjungan kolaboraatif imoelembtasi kerjasama Erasmus sebagai program Uni eropa untuk meningkaytkan kapabilitas perguruan tinggi di eropa maupu di Negara berkembang termasuk Indonesia.

“ Kunjungan kali ini akan didiskusikan untuk keberlanjuitan kerjasama.  Termasuk Potensi kerjasama apa saja,” kata Faqih.

UGJ, lanjut Faqih,  bertekad melaju pada perguruan tinggi masa depan dengan bekerjasama perguruan tinggi di Eropa. Apalagi FK UGJ sudah melahirkan doctor  di Poiters University. Tidak hanya itu, kami juga sudah kerjasama melalui student exchange  dan beberapa kali kami laksanakan, tahun ini berlanjut mahasiswa UGJ belajar di Poiters Universiti dari bulan September –oktober  2024.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Masuk Grup C, Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 3 Zona Asia

Kolaborasi ini, menurut Faqih,  selain dengan FK juga Fakultas Pertanian dan Fakultas teknik. fakultas Pertanian tentang bagaimana pengembangan obat berbasis herbal, tumbuhan di Indonesia akan diteliti di laboratorium  Poiter university, kemudian Fakulta teknik kerjasama tentang kajian air. Karenanya UGJ dan Poiters University  akan membuat proyek bersama permasalahan obar herbal dan sumber daya air.

“Sebagai bentuk kemanfaatan, kedepan kami mengembangkan penelitian bersama, ini perlu bahwa akademisi untuk bisa membaca potensi, karena tidak semua perguruan tinggi masuk Erasmus, dan ini murni pembiayaan perguruan tinggi di eropa,” tandasnya

Faqih menegaskan, UGJ kedepan menjadi bertekad menjadi PT bermartabat . UGJ mencapai derajat perguruan tinggi unggul dan UGJ mencapai taraf internasional,  dan 7 prodi akan diajukan terakeditasi internasional.  Dan UGJ menjajaki peringkat dunia.

Prof Christine Imbert menjelaskan kehadirannya di Cirebon selama beberapa hari kedepan akan mempersiapkan kerjasama konkrit antara UGJ dan University og Poiters,  termasuk perjalanan intership mahasiswa FK UGJ di Poiters University.  kebetulan Cecile Mariving Mounir  adalah supervisor  mahaiswa FK UGJ selama di Poiters University.

BACA JUGA:Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 3, Siapa Lawan Indonesia?

“Beberapa hari kedepan akan mematangkan subyek . kesini akan melihat Laboratorium dan potensi apa yang akan dilakukan dan mahaiswa Poiters akan ke UGJ. Factor apa saja yang akan dikembangkan.  Dan Di Cirebon sampai dengan hari sabtu 29 Juni 2024.

Kunjungan selain Cirebon, kata Christine, saya akan  ke Surabaya karena ada pertemuan tahunan besar antara Indonesia dan Perancis, lokais acaranya berpindah pindah, bisa di Indonesia dan bisa di Perancis. Untuk tahun ini digelar di Surabaya.

“Pertemuan tahunan ini ketok palu  kerjasama kedepan apa saja,” pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: