BPS: Kunjungan Wisman ke Jabar Meningkat, Ciayumajakuning Mulai Menggeliat

BPS: Kunjungan Wisman ke Jabar Meningkat, Ciayumajakuning Mulai Menggeliat

Goa Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Cirebon. -KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

Menurutnya, kunjungan wisman maupun wisnus (wisatawan nusantara) ke Jabar meningkat seiring mudahnya akses menuju ke Jabar khususnya Bandung, di antaranya dengan kehadiran KA Cepat Whoosh.

"Wisatawan datang bisa sejam sampai di Bandung lalu berkeliling dan sore atau malam pulang, semakin mudah," ujar Bey Machmudin di kantor BPS Jawa Barat, Kota Bandung, Senin 1 Juli 2024.

Namun, menurut Bey, akan lebih terasa dampak ekonomi bagi warga Bandung atau Jabar jika wisman itu menginap lebih lama.

BPS mencatat rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang pada Mei 2024 selama 1,40 malam dan di hotel nonbintang selama 1,07 malam.

BACA JUGA:ASN dan Pegawai BUMD Jabar Jika Terbukti Terlibat Judi Online dan Konvensional Siap Kena Sanksi

Rata-rata lama menginap tamu asing Mei 2024 tercatat 2,19 malam dan tamu Indonesia selama 1,31 malam.

"Harus bisa menahan wisatawan untuk menginap lebih lama di Jabar. Harus menyiapkan event atau atraksi wisata yang menarik," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar dalam beberapa kesempatan menegaskan setiap kab dan kota harus memiliki event pariwisata dan budaya atau olahraga wisata yang berkelas internasional.

Selain selatan Jabar, kawasan utara yakni Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) juga mulai menggeliat dalam menarik kunjungan wisman. 

BACA JUGA:Berlaga di Open Karate Sirkuit II Jabar 2024, Segini Perolehan Medali Kontingen Kabupaten Cirebon

Benny mencontohkan ajang yang digelar Pemprov Jabar bekerja sama dengan stakeholders belum lama ini, yakni Cycling de Jabar dan Jabar Trail Run 2024 yang keduanya menggabungkan olahraga dan pariwisata (sport tourism). 

"Arahan Pak Gubernur, pengembangan wisata mendatang, 27 kab dan kota harus memiliki event internasional. Tahun depan harus jalan," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase