Ratusan Peserta Antusias Ikut JLPT di Kampus IPB Cirebon

Ratusan Peserta Antusias Ikut JLPT di Kampus IPB Cirebon

JlPT Di iPb CirEbon: Sebanyak 506 peserta mengikuti ujian bahasa Jepang atau JlPT di kampus iPb Cirebon, Minggu (7/7/2024-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebanyak 500 peserta mengikuti ujian bahasa Jepang atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT) di Kampus IPB Cirebon, Minggu (7/7/2024) lalu. Para peserta yang datang, tidak hanya dari wilayah Ciayumajakuning, melainkan juga dari wilayah lainnya, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur hingga luar Pulau Jawa.

Kaprodi Sastra Jepang IPB Cirebon, Nunik Rahmi Nur Fauzah SPd MHum mengungkapkan bahwa penyelenggaraan JLPT ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di wilayah Cirebon. Sebelumnya, IPB Cirebon juga sukses menyelenggarakan JLPT yang pertama di Cirebon pada akhir tahun lalu.

Lebih lanjut Nunik menjelaskan, JLPT merupakan ujian kemampuan bahasa Jepang bagi penutur asing. Ujian ini diselenggarakan oleh pemerintah Jepang melalui The Japan Foundation dan digelar serentak di seluruh dunia. Biasanya digelar dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juli dan Desember.

"Jadi ini ujian JLPT yang pertama di tahun 2024 ini. Kemudian, Insya Allah di bulan Desember nanti juga akan ada lagi, " Kata Nunik kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:2 Atlet MMA Majalengka Raih Medali saat Seleksi, Belum Tentu Membela Jawa Barat di PON 2024

Dikatakan Nunik, dalam pelaksanaan ujian JLPT 2024 di Cirebon berlangsung dengan lancar dan sukses. Bahkan antusias peserta juga sangat baik. Menurutnya, di wilayah Ciayumajakuning minat masyarakat untuk mengikuti JLPT cukup banyak. Terlebih dengan semakin besarnya minat masyarakat untuk bekerja dan melanjutkan pendidikan ke Jepang.

Nunik mengaku bahwa pihaknya sangat bersyukur pelaksanaan ujian JLPT di wilayah Cirebon berlangsung dengan baik. Pihaknya juga mengaku tersanjung dengan The Japan Foundation yang telah memberikan kepercayaan kepada IPB Cirebon dalam menyelenggarakan JLPT di wilayah Cirebon.

"Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan lagi ujian JLPT pada bulan Desember 2024. Mudah-mudahan pelaksanaanya bisa berlangsung lebih baik lagi," ungkapnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Mobil Dinas Majalengka Halangi Pemadam Kebakaran, Duh Ternyata..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: