Atasi Kemarau, Petani Indramayu Disarankan Ganti Benih Padi ke Varietas Lain

Atasi Kemarau, Petani Indramayu Disarankan Ganti Benih Padi ke Varietas Lain

Petani di Indramayu mulai menggunakan mesin pompa air untuk mengairi lahan sawahnya. Pihak DKPP Indramayu mendorong petani untuk beralih ke jenis padi lain di musim kemarau ini.-Burhanuddin-Radar Indramayu

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Untuk mengatasi kemarau, petani di Indramayu didorong untuk beralhi menggunakan bibit padi varietas lain.

Saran tersebut, guna menghindari gagal panen di tengah musim kemarau yang kemungkinan bakal melanda wilayah Indonesia.

Musim kemarau di Kabupaten Indramayu, seringkali membawa kekhawatiran bagi para petani, terutama dengan potensi kekeringan yang dapat berakibat pada gagal panen.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Indramayu, bergerak cepat dalam melakukan berbagai upaya antisipasi untuk meminimalkan dampak kekeringan terhadap sektor pertanian.

BACA JUGA:Striker Timnas Indonesia U19 Kalah Produktif, Penampilan Jens Raven Masih Meragukan

BACA JUGA:Titin Pengacara Saka Tatal Sebut Dukungan Warga Berbalik, Sentil Instruksi Tembak di Tempat

Analis Sarana dan Prasarana Pertanian pada DKPP Kabupaten Indramayu, Kusharyanto Hengky Jatmiko SIP mengatakan, salah satu langkah penting yang dilakukan DKPP adalah mendorong petani untuk beralih ke varietas padi tahan kekeringan.

"Varietas padi ini terbukti mampu bertahan hidup dengan kondisi air yang terbatas, sehingga dapat membantu petani untuk tetap panen meskipun mengalami kekeringan,” ujar pria yang akrab disapa Hengky itu.

Selain itu, lanjutnya, DKPP juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarungu, untuk memastikan kelancaran distribusi air irigasi ke sawah-sawah petani.

"Hal ini dilakukan dengan cara mengatur jadwal gilir air secara adil dan merata, serta melakukan perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur irigasi," bebernya.

BACA JUGA:Soal Sidang PK Saka Tatal, PN Cirebon Irit Bicara, Warga Bisa Lihat Langsung atau Tidak?

BACA JUGA:Lawan Timor Leste, Timnas Indonesia U19 Bidik Rekor Sempurna

Upaya lain yang dilakukan DKPP adalah dengan menyalurkan bantuan alat-alat pertanian dari Kementrian Pertanian RI, seperti pompa air dan irigasi perpompaan, kepada kelompok-kelompok tani.

"Kami Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyalurkan program dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Ketahanan Pangan dan Dirjen Sarana Prasarana Pertanian, berupa pompa air dan irigasi perpompaan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: