Nadran Citemu, Tak Hanya Tradisi dan Budaya, Tapi Harapan Masyarakat Pesisir Sejahtera

Nadran Citemu, Tak Hanya Tradisi dan Budaya, Tapi Harapan Masyarakat Pesisir Sejahtera

Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menghadiri Nadran atau sedekah laut di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Masyarakat nelayan Desa Citemu, Kecamatan Muncu, Kabupaten Cirebon melaksanakan tradisi Nadran atau sedekah laut.

Nadran tidak hanya pelaksanaan tradisi tahunan dan ungkapan rasa syukur. Melainkan harapan agar nelayan pesisir bisa semakin sejahtera.

Cirebon PJ Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, menghadiri acara sedekah laut atau nadran yang digelar di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Acara ini tidak hanya sebagai upaya memelihara budaya lokal tetapi juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.

BACA JUGA:Tawuran di Plered Berhasil Digagalkan Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon

Wahyu Mijaya, dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi masyarakat Desa Citemu atas kesetiaan mereka dalam melestarikan tradisi sedekah laut.

"Ini adalah hal yang sangat baik dan perlu terus dilestarikan," ujar Wahyu, Minggu, 28, Juli 2024z

Tradisi sedekah laut ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga ekosistem laut yang lebih baik.

"Kami berharap dengan menjaga laut dengan baik, hasil tangkapan nelayan pun akan meningkat," ungkap Wahyu.

BACA JUGA:Dukung pemberdayaan masyarakat, Program PLN Peduli kembangkan Desa Wisata Cibuntu

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Hasan Bhasori, menegaskan bahwa sedekah laut bukan sekadar tradisi rutin, melainkan juga potensi untuk menjadi ajang atraksi yang menarik.

"Kami dari pemerintah daerah melihat ini sebagai potensi yang perlu dipelihara dan mungkin dijadikan sebagai event tahunan kabupaten," katanya.

Kepala Desa (Kuwu) Citemu, Herianto, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PJ Bupati Cirebon serta anggota DPRD Kabupaten Cirebon atas dukungan dan fasilitasi yang diberikan dalam acara sedekah laut yang berlangsung di Desa Citemu.

Tradisi sedekah laut, yang dikenal juga sebagai nadran, tahun ini berlangsung meriah dengan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: