Kasus Vina Cirebon, Kata-Kata Sumpah Pocong yang Bakal Diucapkan Saka Tatal dan Iptu Rudiana

Kasus Vina Cirebon, Kata-Kata Sumpah Pocong yang Bakal Diucapkan Saka Tatal dan Iptu Rudiana

Raden Gilap Sugiono bakal memimpin pelaksanaan sumpah pocong yang bakal dilakukan oleh Iptu Rudiana dan Saka Tatal terkait kasus Vina Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tim kuasa hukum Saka Tatal merespon ucapan sumpah pocong yang berani dilakukan oleh Iptu Rudiana jika melakukan kebohongan.

Lewat surat resmi, tim kuasa hukum Saka Tatal melayangkan ajakan kepada Iptu Rudiana untuk melakukan sumpah pocong demi membuktikan ucapannya itu.

Adapun sumpah pocong rencananya bakal dilakukan di Padepokan Agung Amparan Jati yang beralamat di Desa Lurah, Blok Karangtengah Kidul, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Menurut Pemilik Padepokan Agung Amparan Jati, Raden Gilap Sugiono, pengambilan sumpah pocong Iptu Rudiana dan Saka Tatal, dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Masuki Era Digital, KPM UI BBC Ajak UMKM Desa Buyut Pakai QRIS

"Besok, bada sholat Jumat," ucap Raden Gilap Sugiono, Kamis 8 Agustus 2024.

Sebagai persiapan, Raden Gilap Sugiono sudah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan dalam melakukan sumpah tersebut.

Dijelaskan Raden Gilap Sugiono, peralatan yang harus disiapkan dalam pengambilan sumpah ini, mirip dengan kebutuhan untuk menguburkan jenazah.

"Ada kain kafan, kembang, dan macam-macam. Menurut orang Cirebon disebut bumbu mayit," jelasnya.

BACA JUGA:Hadiri Simulasi Pengamanan Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati Cirebon Bilang Begini

Begitu juga dalam pelaksanaanya. Orang yang bakal melakukan sumpah pocong bakal diperlakukan seperti orang yang sudah meninggal.

"Objek yang bakal melakukan sumpah pocong bakal dimandikan dulu, disucikan, diberi kain kafan, mirip memperlakukan mayat," terang Raden Gilap Sugiono.

Oleh sebab itu, sambungnya, sumpah pocong jangan dijadikan ajang main-main, karena ritual yang dilakukan mirip dengan memperlakukan orang mati.

Sumpah pocong yang menurut rencan bakal dilakukan Iptu Rudiana dan Saka Tatal terkait kasus Vina Cirebon ini, bakal dipimpin langsung oleh dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: