WADUH! Akun Google Bisnis Hotel di Cirebon Diretas, Nomor Telepon hingga Rekening Bank Diganti

WADUH! Akun Google Bisnis Hotel di Cirebon Diretas, Nomor Telepon hingga Rekening Bank Diganti

Akun Google Bisnis hotel di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon diretas. Peretasan diketahui terjadi dalam 2 hari terkahir.-Foto: Tangkapan layar - Diolah -radarcirebon.com

BACA JUGA:Ternyata Ada 5 Video Syur Audrey Davis yang Ditemukan Polisi

Untungnya, sampai dengan sekarang belum ada hotel yang melaporkan ada tamu mereka terkena scam atau penipuan hingga melakukan transfer sejumlah uang.

"Sampai saat ini belum ada hotel yang melaporkan tamunya yang terkena scam atau telah melakukan booking ke nomor WhatsApp peretas," terangnya.

Selain mengganti dan melakukan pengecekan secara berkala pada akun Google Bisnis, sejumlah hotel juga telah menginformasikan nomor hotel yang bisa dihubungi di semua akun sosial media sebagai antisipasi.

Pihaknya juga menunggu arahan PHRI pusat yang sedang berkoordinasi dengan lembaga terkait dalam menangani peretasan ini.

BACA JUGA:3 Kata dari King Nassar dan Irish Bella untuk Kuningan, Simak di Sini?

"Kami turut menghimbau pada para tamu untuk mencocokan nomor hotel dengan nomor yang tertera di medsos masing-masing hotel untuk mengantisipasi terjadinya penipuan dan kerugian yang tidak diinginkan," tukasnya.

Sementara itu, dari tangkapan layar percakapan WhatsApp antara calon tamu dengan pelaku terlihat hacker tersebut mengarahkan untuk melakukan transfer ke rekening yang sudah dibuat.

"Untuk pemesanan kamar kami sistem bookingnya KK, kalau KK mau booking harus pembayaran dulu," tulis pelaku.

Dilanjutkan; "Untuk booking pembayarannya via transfer ya kak, karena perlu cetak invoice/kwitansinya," tulisnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Cirebon Batal Dilantik, Ada Apa?

Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan transfer dana ke rekening bank tertentu, tetapi bukan atas nama hotel.

Nomor rekening tersebut tertulis atas nama pribadi. Hal tersebut tentunya tidak lazim dalam transaksi booking kamar hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: