Miniatur Burung Garuda IKN Hadir di Kabupaten Kuningan, Ini Penampakannya

Miniatur Burung Garuda IKN Hadir di Kabupaten Kuningan, Ini Penampakannya

Penampakan gapura di Desa Pinara, Kuningan yang terbuat dari Bambu berbentuk miniatur Burung Garuda di IKN.-Andre Mahardika-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Miniatur Burung Garuda yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), hadir di salah satu desa yang ada di Kabupaten KUNINGAN.

Sebuah Gapura Kemerdekaan di Desa Pinara, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan mendadak jadi sorotan. 

Pasalnya, di bangunan setinggi 3 meter dan lebar 4 meter itu, terpasang sebuah patung Burung Garuda 3 Dimensi. 

Menariknya, semua material yang digunakan sebagai bahan pembuatan, hanya menggunakan bambu.

BACA JUGA:Beri Keistimewaan, BRI Hadirkan Program Spesial MDR 0 Persen Bagi Merchant

BACA JUGA:Proklamasi di Cirebon Lebih Dulu dari Jakarta, Bukan Oleh Soekarno-Hatta

Salah seorang warga setempat Andres mengungkapkan, semua konstruksi hanya menggunakan bambu. Termasuk Patung Burung Garuda Bambu yang dibuat warga dengan karakter 3 dimensi.

Gapura tersebut sebut Andres, dibangun secara gotong-royong dengan swadaya masyarakat. 

Antusias warga terlihat selama proses pembuatan gapura dalam menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79.

Dengan penuh kebersamaan, warga semangat merangkai gapura, mengingat mereka baru kali pertama membuat kontruksi menarik hanya berbahan bambu.

"Pembuatannya itu, warga ngambil bambu di hutan, dikumpulkan dipinggir jalan terlebih dahulu. Setelah terkumpul, baru digarap dan dibentuk bareng bareng," ungkapnya kepada radarkuningan, Kamis, 15 Agustus 2024.

Andres yang juga pengajar di SDN Pinara lulusan STKIP Muhammadiyah ini menambahkan, meskipun dikerjakan bersama-sama, pembuatan gapura kemerdekaan burung Garuda Bambu itu ada dibawah komando arsitek bernama Iwan.

"Untuk perakitan ada satu orang, namanya Iwan (50), beliau punya inspirasi membuat burung Garuda dengan bambu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: