Dinsos Berikan Bantuan Paket Sembako bagi Lansia

Dinsos Berikan Bantuan Paket Sembako bagi Lansia

PEDULI: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Indra Fitriani MM memberikan bantuan paket sembako kepada warga lanjut usia, kemarin.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM-Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan kepada sejumlah masyarakat Kabupaten Cirebon.

Khususnya, masyarakat Kabupaten Cirebon lanjut usia terlantar dan tidak produktif.

Pemberian bantuan itu, diberikan langsung oleh Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon, Indra Fitriani MM dalam kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, Lanjut Usia Terlantar, Gelandangan dan Pengemis di luar Panti Sosial yang digelar di Gedung PGRI, Sumber, Kamis (15/8).

Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon, Indra Fitriani MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Lili Marliyah mengatakan, sasaran dari pemberian bantuan adalah lanjut usia terlantar dan tidak produktif yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar dan bergantung pada orang sekeliling.

BACA JUGA:bank bjb Luncurkan Kredit Digital bjb KGB Pisan untuk ASN: Solusi Praktis dan Inovatif

“Utamanya yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” papar Lili Marliyah.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako, antara lain beras sebanyak 25 kg, mi instan goreng sebanyak 2 dus, mi instan rebus sebanyak 2 dus, minyak goreng sebanyak 4 liter, kornet 340 gram sebanyak 3 kaleng, sarden 155 gram sebanyak 3 kaleng, susu kental manis 370 gram sebanyak 4 kaleng, garam 500 gram sebanyak 2 bungkus, kecap sebanyak 1 pouch, dan gula pasir 2 kg.

“Bantuan ini diberikan hanya satu tahun sekali, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Sembako ini, cukup hingga dua bulan kedepan,” terangnya.

Dijelaskannya, tujuan dari diberikan bantuan penyediaan permakanan, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan terpenuhi kebutuhan dasar lanjut usia terlantar dan tidak produktif.

BACA JUGA:Toni RM: Polda Jabar Tahan Sudirman Tidak Punya Dasar Hukum

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan narasumber, Kepala Bagian Kesra Setda H Iik Ahmad Rifai SAg MSi dan dr Kusnul Khotimah dari Dinas Kesehatan yang memberikan sosialisasi terkait pentingnya pemenuhan gizi bagi lanjut usia.

“Ada sebanyak 89 lanjut usia yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Ini sifatnya hanya pemancing agar pemerintah desa (pemdes) mengimbau kepada masyarakat agar lebih memperhatikan lansia di sekelilingnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Lili mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli pada lansia terlantar, terutama lansia yang ada di sekeliling. (cep/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: