Dengarkan Pidato Kenegaraan Jokowi, Pj Wali Kota Cirebon Siap Kawal Pembangunan Dimasa Transisi

Dengarkan Pidato Kenegaraan Jokowi, Pj Wali Kota Cirebon Siap Kawal Pembangunan Dimasa Transisi

Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi menyimak pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, Jumat 16 Agustus 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Selain itu, Indonesia berkomitmen untuk melakukan transisi energi hijau dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan yang melimpah, seperti energi air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi.

BACA JUGA:Lega! Maarten Paes Sudah Bisa Pakai Seragam Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Di sektor teknologi, pemerintah meluncurkan INA Digital sebagai upaya untuk digitalisasi layanan pemerintah guna mempermudah akses masyarakat. 

Cakupan elektrifikasi mencapai 99 persen, sementara cakupan internet meningkat menjadi 79 persen pada tahun ini. 

Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan start-up di Indonesia, serta menciptakan lebih banyak entrepreneur muda.

Presiden Jokowi mengakui bahwa meskipun pencapaian saat ini belum sepenuhnya memenuhi semua harapan, keyakinan akan kekuatan persatuan dan kerja sama rakyat Indonesia akan menjadi kunci untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045. 

BACA JUGA:PJ Bupati Cirebon Mulai Revitalisasi Pasar Palimanan, Dibangun Dua Lantai dengan 145 Kios

"Saya tahu bahwa hasil yang kita capai pada saat ini belum sepenuhnya tuntas mencapai hasil akhir, belum sepenuhnya sesuai dengan harapan dan keinginan Bapak–Ibu semua."

"Namun, saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045," harapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, memberikan tanggapan terkait tema peringatan kemerdekaan tahun ini, yaitu "Nusantara Baru Indonesia Maju". 

Pj Wali Kota mengatakan, dalam mengisi kemerdekaan dan mengikuti arahan Presiden Jokowi, Pemerintah Kota Cirebon berkomitmen untuk menjaga penyelenggaraan pemerintahan selama masa transisi saat ini. 

BACA JUGA:Kuota Rumah Subsidi 2024 Jawa Barat Diprediksi Akan Habis di Bulan Ini, Harga Rumah Naik Drastis

"Dengan fokus pada program-program prioritas yang tertuang dalam RPJPD dan Rancangan Teknokratik RPJMD Tahun 2025-2029," ujarnya.

Pj Wali Kota Cirebon menggarisbawahi pentingnya program-program tersebut dalam menghadapi beragam tantangan. 

"Dokumen tersebut mencakup sejumlah program prioritas dan isu strategis, termasuk penanganan inflasi, stunting, pengangguran, dan kemiskinan ekstrem."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase