Begini Cara Warga Buntet Cirebon Meriahkan HUT RI ke-79

Begini Cara Warga Buntet Cirebon Meriahkan HUT RI ke-79

Ibu-ibu warga Dusun 2 RW 05 Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon unjuk aksi pada lomba gerak jalan peringatan HUT RI ke-79, Jumat (16/8).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Suka cita menyambut HUT RI ke-79 turut dirasakan warga Dusun 2 RW 05 Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Mereka secara swadaya mengadakan beragam lomba yang dapat diikuti setiap warga.

Menariknya, beragam lomba disediakan untuk warga dari beragam tingkatan usia. Mulai dari balita, anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapak. Ada yang individu ada pula yang beregu.

Pelaksaan sebagian lomba sudah dimulai pada Jumat (16/8) siang. Sedangkan sebagian lainnya dilaksanakan pada Sabtu (17/8) sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang.

Panitia Lomba, Nina Khairunisa (25) menjelaskan, secara keseluruhan ada belasan lomba yang digelar. Untuk balita dan anak-anak ada lomba busana adat, mewarnai, menangkap ikan dan estafet bola air.

BACA JUGA:Mengingat Perjuangan Pahlawan, Ramah Tamah Pj Wali Kota Cirebon Bersama Perintis Kemerdekaan

"Kemudian untuk ibu-ibu ada lomba masukan benang ke jarum, make up, cantolan sangku, hingga gerak jalan. Sedangkan khusus bapak-bapak disediakan lomba mengeluarkan bola ke kardus dan estafet menancapkan paku. Lalu lomba tarik tambang diberlakukan untuk umum. Kriteria laki-laki dan perempuan waktunya 5 menit," ujar Nina Khairunisa, Jumat (16/8/2024).

Dikatakan Nina, aneka lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI rutin dilakukan warga setiap tahun.

"Selain sebagai bentuk rasa syukur, kemeriahan yang tercipta juga ampuh mempererat keguyuban warga,"katanya.

Salah satu warga, Maysaroh menuturkam, pelaksanaan aneka lomba tersebut menjadi hiburan tersediri bagi warga. Pasalnya, bukan soal menang atau kalah melainkan ekspresi suka cita yang tercipta.

BACA JUGA:Dirgahayu RI ke-79, Berikut Sederet Kontribusi BRI Untuk Negeri

"Ikut lomba rasanya senang. Kita ikut partisipasi di hari kemerdekaan Indonesia. Kita semua senang dan gembira dengan diadakannya lomba-lomba ini. Selain itu juga mempererat kerukunan warga juga menjadi hiburan,"tuturnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: