Sambut HUT RI dengan Rekor MURI, Nippon Paint Indonesia Warnai 5.124 Kapal Nelayan Se- Indonesia

Sambut HUT RI dengan Rekor MURI, Nippon Paint Indonesia Warnai 5.124 Kapal Nelayan Se- Indonesia

Kapal milik nelayan Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon tampak indah setelah dicat.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Berbagai cara kreatif dilakukan untuk menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Dari menghiasi lingkungan tempat tinggal, mengadakan berbagai perlombaan, hingga menggelar pentas seni, semuanya merupakan bentuk ungkapan syukur dan kebanggaan rakyat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Cara unik dilakukan oleh ratusan nelayan di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan ‘Sedekah Laut’ sebuah tradisi turun-temurun para nelayan di daerah pesisir pantai utara sebagai ungkapan rasa syukur, berkah dan rezeki dari hasil laut yang selama ini menjadi sumber penghasilan nelayan.

Bersamaan dengan acara ini, para nelayan juga menghias kapal mereka dengan berbagai ornamen bernuansa kemerdekaan dan unsur warna ‘Merah Putih’ untuk berpawai di Laut Jawa di kawasan Desa Mundupesisir.

BACA JUGA:Mengingat Perjuangan Pahlawan, Ramah Tamah Pj Wali Kota Cirebon Bersama Perintis Kemerdekaan

Melihat pentingnya kultur bahari dan peran nelayan sebagai sumber pangan Indonesia, Nippon Paint Indonesia berkomitmen mendukung nelayan dan masyarakat pesisir melalui CSR Kapal Nelayan Merah Putih sebagai aksi nyata program Warnai Kehidupan #ColouringLives.

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan, melalui CSR kapal nelayan merah putih, Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para nelayan yaitu mendonasikan 76.860 liter cat kayu dan besi Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling guna peremajaan 5.124 kapal nelayan yang tersebar di berbagai daerah pesisir di Indonesia.

"Nippon Paint menggunakan kode warna Merah Merdeka 1945 dan Brilliant White 1001/Putih Bersih. Harapan kami ke depannya untuk para pejuang bahari, kapal mereka tak hanya menjadi lebih indah, namun juga membuat tampilan kapal menjadi baru, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang,"katanya.
 
Cat Bee Brand 1000, dijelaskan Mark, adalah cat alkyd enamel premium untuk kayu dan besi dengan keistimewaan hasil akhir mengkilap, cepat kering, serta memberikan perlindungan dan tampilan warna yang indah dan tahan lama.

BACA JUGA:Dirgahayu RI ke-79, Berikut Sederet Kontribusi BRI Untuk Negeri

"Selain itu, kapal-kapal nelayan juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip atau organisme laut yang menempel di badan kapal,"jelasnya.

Selain program CSR Kapal Nelayan Merah Putih, Mark menyebutkan, Nippon Paint juga secara konsisten tetap melaksanakan program CSR Gapura Merah Putih, program bakti sosial ikonis yang sudah dilakukan sejak 2016.

“Di tahun ini, Nippon Paint telah mendonasikan 131,310 liter cat untuk 11.978 gapura di seluruh Indonesia menggunakan produk Nippon Weatherbond Max dengan kode warna Merah Merdeka 1945 dan Brilliant White 1001/Putih Bersih yang diformulasikan khusus oleh tim Nippon Paint dengan kode pantone standar internasional bendera Indonesia. Seluruh Gapura yang dicat dengan warna merah dan putih ini akan sama dari Sabang sampai Merauke, karena Nippon Paint berikan garansi 100% warna akurat dan konsisten,"sebutnya.

Iswandi selaku Ketua Paguyuban Nelayan Desa Mundupesisir, Kabupaten Cirebon mengaku senang yang dilakukan Nippon Paint.

BACA JUGA:Hormat Grak! Pengendara di Alun-alun Kejaksan Kompak Berhenti

“Kami para nelayan sangat senang dan menyambut positif inisiasi yang dilakukan oleh Nippon Paint karena banyak membawa manfaat bagi kami terutama dalam membantu perekonomian. Dengan kapal yang dicat ulang, tidak hanya menambah keindahan namun juga meningkatkan daya tahan kapal. Ini sangat penting karena kapal yang terawat baik berarti lebih sedikit biaya perbaikan, sehingga penghasilan kami bisa lebih fokus untuk kebutuhan pokok,"ucapnya.

Sementara itu, berkat komitmen dan konsistensi yang dilakukan dalam program CSR Kapal  Nelayan Merah Putih sejak 2022, Nippon Paint Indonesia berhasil memecahkan rekor dan dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori Pengecatan Kapal Nelayan Merah Putih Terbanyak.

Piagam penghargaan rekor MURI diserahkan langsung oleh Osmar Semesta Susilo selaku Direktur MURI kepada Mark Liew selaku General Manager – TU Division Nippon Paint Indonesia.

Dalam kesempatan ini Osmar menyampaikan selamat kepada Nippon Paint atas rekor yang telah dipecahkan.

BACA JUGA:Bocoran 14 Pemain Abroad yang Dipanggil Timnas Indonesia, Maarten Paes Masuk?

“Museum Rekor  Indonesia dengan bangga memberikan piagam penghargaan atas rekor Pengecatan Kapal Nelayan Merah Putih Terbanyak. Selamat kepada Nippon Paint atas rekor yang telah dipecahkan melalui pengecatan 5.124 kapal nelayan di Indonesia. Semoga ke depannya melalui program-program CSR seperti Nelayan Merah Putih ini dapat menjangkau lebih banyak lagi kawasan Bahari lain di Indonesia,”ujarnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: