Lintasarta dan Indosat Group Berdayakan Indonesia Lewat GPU Merdeka

Lintasarta dan Indosat Group Berdayakan Indonesia Lewat GPU Merdeka

Lintasarta dan Indosat Group Berdayakan Indonesia Lewat GPU Merdeka-indosat-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, Litasarta bersama Indosat meluncurkan produk baru GPU Merdeka (Graphics Processing Units).

GPU Merdeka sebagai GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur AI, merupakan Sovereign AI Cloud dari NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing Cloud dengan teknologi canggih dan terdepan di Indonesia.

Peluncuran GPU Merdeka, merupakan bagian dari bukti komitmen mewujudkan tujuan besar Lintasarta dan Indosat Group dalam memberdayakan Indonesia.

Peluncuran ini juga merupakan bagian dari ekspansi strategis perusahaan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan NVIDIA pada awal 2024 silam.

BACA JUGA:Sekali Lagi, Dasco: Putusan MK Jadi Dasar Aturan Pilkada, Tidak Ada Pengesahan RUU Secara Diam-diam

BACA JUGA:Ricuh, Aparat Kepolisian di Jakarta dan Bandung Pukul Mundur Aksi Massa Tolak Revisi UU Pilkada

Hal ini juga menegaskan status Lintasarta sebagai Nvidia Cloud Partner (NCP) dalam NVIDIA Partner Network sejak Mei 2024.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena menuturkan GPU Merdeka akan menghadirkan infrastruktur dan platform AI cloud untuk pelaku bisnis nasional serta akses ke GPU tercepat dari NVIDIA dengan data center high-density yang ada di market saat ini.

Hal ini juga akan memberikan akses pada kemampuan dalam bidang GenerativeAI, machine learning, rendering, dan aplikasi computer aided design (CAD) dengan spesifikasi superior, biaya yang optimal, dan pemanfaatan energi yang efisien.

Sovereign AI Cloud yang didukung teknologi canggih dari NVIDIA akan memposisikan Lintasarta sebagai pemimpin AI cloud nasional dengan membawa kemajuan teknologi dan inovasi untuk transformasi digital pelaku industri nasional.

BACA JUGA:Bey Machmudin Sampaikan Postur APBD Perubahan 2024, PAD Jabar Ditarget Rp36,27 Triliun

BACA JUGA:Batal Paripurna, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad: Pendaftaran Pilkada Pakai UU Hasil Judicial Review MK

"Dengan kemampuan AI dalam infrastruktur cloud, Lintasarta akan mendorong kolaborasi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital nasional," tuturnya.

GPU Merdeka hadir dengan infrastruktur yang berada di dalam negeri, dikelola perusahaan dari Tanah Air, dan dioperasikan oleh tenaga TI profesional berbakat anak bangsa, serta mendukung pertumbuhan industri serta ekosistem nasional.

Lintasarta juga akan menghadirkan AI Nation Program yang bertujuan untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI dengan membangun ekosistem AI yang kuat serta berkelanjutan.

GPU Merdeka merupakan langkah nyata dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi teknologi terbaik untuk membantu perusahaan dari berbagai sektor industri mempercepat transformasi digital dengan hasil optimal.

BACA JUGA:Agar Sejalan dengan RPJMD 2025-2029, Sosialisasi Visi Misi Calon Kepala Daerah Digelar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase