Kodim 0614 Kota Cirebon Gelar Panen Raya, Sukseskan Ketahanan Pangan

Kodim 0614 Kota Cirebon Gelar Panen Raya, Sukseskan Ketahanan Pangan

Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Saputra Hakki, ikut melaksanakan panen raya. Foto: -Dedi Haryadi-Radar Cirebon

RADAR CIREBONKodim 0614/Kota Cirebon ikut menyukseskan Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional 2024 dengan melaksanakan panen raya padi, Jumat (30/8/2024).

Hanpangan ini merupakan program dari Pemerintah Pusat bekerja sama dengan TNI AD dan telah menjadi salah satu program unggulan KASAD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. 

Adapun, panen raya berlangsung di lahan pertanian milik Inen, Anggota Kelompok Tani (Poktan) Blok Sidemung RW 04, Kedungmenjangan, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Panen raya ini dilaksanakan langsung oleh Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki, didampingi oleh PAsiter Dim 0614/Kota Cirebon, Babinsa Kalijaga dan Inen sebagai pemilik lahan.

BACA JUGA:Beda dengan Jubir Anies, Ono Sebut Faktor 'Mulyono dan Geng' di Pilgub Jabar

BACA JUGA:Pemulung di Cirebon Mencuri Besi Panambat Rel Kereta, Terancam 9 Tahun Bui

Letkol Inf Saputra Hakki turun ke sawah bersama anggota, membawa sabit dan mengenakan caping untuk memanen secara simbolis lahan pertanian Kelompok Tani Blok Sidemung. 

Adapun luas lahan pertanian yang saat ini sedang dipanen sekitar 5 hektare dari total luas lahan sekitar 22 hekatre untuk jenis padi Inpari 49.

Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Saputra Hakki, mengatakan, panen raya ini menjadi rutinitas biasa yang dilakukan oleh para petani.

Namun demikian, dengan adanya kehadiran Kodim 0614/Kota Cirebon diharapkan mampu meningkatkan motivasi petani untuk lebih semangat mewujudkan Indonesia swasembada pangan. 

BACA JUGA:Jeje Wiradinata Kaget Diusung PDIP Jadi Cagub Jabar: Saya Bupati di Kampung

BACA JUGA:Jalani Tes Kesehatan di RSHS, KDM: Kalau Pemimpin Sakit Bisa Salah Baca APBD

“Untuk diketahui bersama bahwa kebutuhan pangan adalah kebutuhan dasar seiring dengan meningkatknya pertumbuhan manusia. Memang kita tidak akan bisa menghentikan itu karena ada keinginan,” tutur Dandim 0614/Kota Cirebon.

“TNI AD ikut terlibat dalam ketahanan pangan nasional karena sudah banyak negara pengekspor beras membatasi diri. Indonesia memiliki daerah yang luas dan seharusnya bagus untuk swasembada pangan,” tambah Letkol Inf Saputra Hakki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: