Puluhan Damkar Kota Cirebon Ikuti Pelatihan. Sekda: Petugas Damkar Harus Memiliki Kebanggaan Akan Profesi

Puluhan Damkar Kota Cirebon Ikuti Pelatihan. Sekda: Petugas Damkar Harus Memiliki Kebanggaan Akan Profesi

Puluhan anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon dan personel Yon Arhanud mengikut Diklat Kualifikasi Pemadam 1 tingkat Kota Cirebon, Selasa (3/9/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Petugas Pemadam Kebakaran wajib memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pencegahan bahaya kebakaran dan bagaimana cara mengoperasikan peralatan penanggulangan atau pemadaman kebakaran secara cepat, tepat, dan benar.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Sekertaris Daerah (Pj Sekda) Kota Cirebon M Arief Kurniawan ditemui radarcirebon.com saat membuka Diklat Kualifikasi Pemadam 1 tingkat Kota Cirebon di salah satu hotel Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (3/9/2024).

"Petugas pemadam kebakaran harus memiliki kebanggaan akan profesi yang ditekuni sekarang ini. Ini adalah profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan karena di dalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan,"ungkapnya.

Di sisi lain, menurut Pj Sekda, anggota Damkar dituntut untuk bekerja dengan penuh kedisiplinan, ketekunan, dan kesabaran, bisa bekerja dalam tim dengan penuh kebersamaan yang erat sekaligus membentuk jiwa yang peka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:NMAX 'TURBO' Ramaikan Karawang Cental Plaza

"Kita menemukan fakta bahwa ada ketidakseimbangan antara ketersediaan sarana dan prasarana pemadam kebakaran serta jumlah personel pemadam kebakaran,"ujarnya.

Sementara itu, Nurjaman selaku Kasi Kesiapsiagaan, Operasi dan Penyelamatan Kebakaran Damkar Kota Cirebon menjelaskan, sebanyak 70 orang anggota Damkar Kota Cirebon ditambah 20 personel TNI dari Yon Arhanud 14/PWY.

"Karena lokasi pelatihannya di Yon Arhanud 14, maka sebanyak 20 personel dari Arhanud ikut dalam pelatihan Diklat Kualifikasi Pemadam 1 ini. Kegiatan Diklat ini akan berlangsung selama 8 hari,"jelasnya.

Menurut Nurjaman, para peserta diklat akan diberikan pelatihan penanganan kebakaran dan penyelamatan serta SAR.

BACA JUGA:Kebakaran Ponpes Al Islah Indramayu, Kerugian Ditaksir Rp200 Juta

Perlu diketahui, puluhan anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon dan personel Yon Arhanud mengikut Diklat Kualifikasi Pemadam 1 tingkat Kota Cirebon.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Sekda Kota Cirebon M Arief Kurniawan dan dihadiri Danang selaku Kasubdit Tata Operasional Damkar Kemendagri di salah satu hotel Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (3/9/2024). (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: