Kuliah di NFU, Gratis dan Mayoritas Dapat Beasiswa

Kuliah di NFU, Gratis dan Mayoritas Dapat Beasiswa

CEO Radar Cirebon Group Yanto S Utomo saat di Kota Huwei, Taiwan. -dokumen pribadi-radarcirebon.com

BACA JUGA:Polresta Cirebon Amankan Seorang Pengedar OKT di Dukupuntang

Bandingkan saja dengan SMA negeri di Tanah Air. Walau katanya gratis, tapi ada SMA negeri yang “memungut” cukup besar atas nama komite sekolah. Besarannya ada yang mencapai Rp700 ribu per bulan.  Bandingan pula dengan kampus-kampus negeri di Indonesia. Beberapa waktu lalu sempat heboh Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Nilainya fantastis hingga puluhan juta rupiah.
Hal-hal seperti itu tidak terjadi di NFU. Karena kuliah di kampus internasional ini memang gratis. Bukan hanya gratis.

Bagi mahasasiswa internasional yang mengambil program magister dan doktoral, sebagian besar justru memperoleh beasiswa dari kampus. Hanya nilainya sangat bervariasi. Tidak sama, tergantung penilaian kampus tersebut.

Tapi jika dirata-rata, untuk mahasiswa program magister bisa memperoleh beasiswa antara Rp3 juta hingga 6 juta sebulan. Sementara bagi yang mengambil program S3, bisa mendapatkan beasiswa Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Pemain Timnas Indonesia, Manajer Ungkap Psikologi dan Kendala Sebelum Lawan Australia

Ada lagi kemudahan kuliah di NFU. Kampus ini memiliki asrama yang mewah, megah, dan sangat murah. Tarifnya sekitar Rp500 ribu sebulan.

Hanya saja jarak dari kampus ke asrama lumayan jauh. Kurang lebih 2 km.
Tapi bagi yang ingin dekat dengan kampus, ada apartemen yang biaya sewanya bervariasi. Antara Rp1,5 juta hingga Rp3 juta. Apartemen ini bisa ditempati oleh 2 orang per kamar.

Kampus ini sangat luas dan banyak fasilitas. Selain banyak bagunan bertingkat untuk perkuliahan dan laboratorium, juga ada banyak sarana prasarana. Di antaranya sarana olahraga. Termasuk memiliki stadion yang megah.

Saya sempat berkeliling jalan kaki ke hampir semua kompleks kampus NFU. Sempat pula lari pagi di dalam stadion tersebut. Juga sempat mengunjungi ke asrama yang jaraknya lumayan jauh.

BACA JUGA:Salut dengan Bebotoh, Pemain Baru Persib Mailson Lima Ucapkan Hal Ini

Kampus NFU terbagi dalam 4 disiplin ilmu. Ada Teknik, Elektronik dan Informasi, Manajemen, serta Seni dan Sains Terapan. Universitas ini memiliki 19 program studi untuk sarjana, 18 pasca sarjana, dan 2 program studi tingkat doktoral.

Sejak tahun 2007, NFU telah menjadi pusat Penelitian dan Layanan. Tujuannya untuk mengelola empat pusat penelitian dan dua laboratorium serbaguna di negeri kepulauan tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: