Pentingnya Desa Cantik

Pentingnya Desa Cantik

Logo-ist-radarcirebon.com

Melalui kegiatan Desa Cantik, BPS melaksanakan pembinaan teknis secara intensif kepada aparat desa terpilih. Hal ini dilakukan agar aparat desa mampu melaksanakanan kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dengan lebih berkualitas sesuai dengan standar yang berlaku.

Data kependudukan merupakan salah satu data pokok yang paling dibutuhkan dalam menyusun dan mengevaluasi pembangunan di desa. Namun aparat desa sering mengeluhkan tidak lengkapnya data kependudukan di desa. Padahal pemerintah desa sangat mungkin untuk melaksanakan pendataan penduduk di level desa secara mandiri.

Aparat desa biasanya kenal baik dengan warganya dan paham kondisi maupun potensi di wilayahnya. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam pengumpulan data.

Pembinaan Desa Cantik memiliki manfaat yang signifikan terutama dalam mendukung tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan desa. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:
•    Membantu meningkatkan litersi dan kapasitas aparat desa dalam memahami teknik pengumpulan, pengolahan, dan analisa data.
•    Dengan kemampuan statistik yang lebih baik, aparat desa mampu menyusun perencanaan pembangunan yang lebih tepat sasaran, relevan dan berdampak. Data yang akurat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan prioritas masyarakat. Sehingga akan mengurangi risiko kesalahan dalam pengelolaan sumber daya dan penetapan program.

BACA JUGA:Sambangi Lokasi Terdampak Gempa, Bey Machmudin: Keselamatan Warga yang Utama

•    Desa dapat melakukan pemantauan, mengukur keberhasilan, mengidentifikasi kendala, dan melakukan evaluasi untuk perbaikan program di masa mendatang.
•    Mendukung transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran pemerintah desa. Data yang disajikan secara terbuka dan akurat memudahkan masyarakat untuk memantau pelaksanaan program dan penggunaan anggaran. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.

Peningkatan literasi statistik di pemerintahan desa menjadi hal yang urgen. Program ini akan saling melengkapi dengan program Desa Cerdas dari Kemendesa dan Desa Digital dari Kemkominfo. Melalui pembinaan Desa Cantik diharapkan mampu memperkuat kapasitas desa untuk mengelola pemerintahan secara mandiri dan efektif berbasis data. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip otonomi desa yang diatur dalam undang-undang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait