Gelar CAIIC, UGJ Go Internasional

Gelar CAIIC, UGJ Go Internasional

Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon Gelar CAIIC .-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menyelenggarakan Konferensi Internasional Interdisipliner Tahunan Cirebon atau Cirebon Annual Interdisciplinary Internasional Conference (AIIC) di Auditorium Gedung B Fakultas Kedokteran UGJ Kamis (19/9)

Bertema "Meningkatkan inovasi hukum, ilmu pengetahuan dan teknologi sosial berbasis kearifan lokal untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UGJ, Prof Dr Ir H Achmad Faqih, SP MM IPU CIRR.

Rektor UGJ, Prof Achmad Faqih mengatakanX Kegiatan ini sangat  bermanfaat untuk pembelajaran bagi masyarakat. Karena, UGJ berkomitmen peduli pada lingkungan, kemiskinan, kesehatan dan  peduli pada bidang  pendidikan.

Lebih lanjut Faqih menjelaskan,  kegiatan seminar internasional yang rutin digelar UGJ ini merupakan sumbangsih dan kepedulian pihaknya terhadap  kemajuan dunia pendidikan, kemajuan kesejahteraan masyarakat serta  berbagai bidang lainnya.

BACA JUGA:Suhendrik Hadiri Panjang Jimat

“Dalam pelaksanaan, UGJ menghadirkan para pakar dari luar negeri.  agar sumbangsih atau pemikiran mereka dapat diimplementasikan khususnya di wilayah Ciayumajakuning,” ujanya.

Pihaknya  menargetkan dan mewajibkan para Dekan di Fakultas untuk menggelar kegiatan serupa. Paling tidak, sebutnya, enam kali dalam setahun.

"Kami harapkan  kegiatan ini akan bermanfaat di Masyarakat," harapnya.

Event ini, menurut Faqih, semakin menguatkan posisi UGJ menuju class world. Sehingga, masih kata Rektor, kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan UGJ akan semakin kuat.

BACA JUGA:Peringati HUT ke-78 dan 25 Tahun UU Pers, SPS Gelar Dialog Media, Refleksi 25 Tahun UU Pers

Direktur Pasca Sarjana, Prof DR Endang Sutrisno, SH MHum CIQaR CIPA CIRR menjelaskan Konferensi Tingkat internasional tersebut merupakan kolaborasi empat Fakultas dan pasca sarjana.

"Hari ini kami menyelenggarakan event yang sangat luar biasa,  mengingat bahwa isu tentang pembangunan berkelanjutan menjadi isu yang sangat strategis," ujarnya.

Menurut Endang,  proses pembangunan tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan generasi hari ini saja, akan tetapi  juga untuk generasi yang akan datang.

"Irisannya tidak hanya pada persoalan bagaimana kita melihat kesejahteraan masyarakat, tapi juga peduli pada lingkungan hidup sekitar," tandasnya.

BACA JUGA:Banyak Pengendara Manantang Maut di Perlintasan KA Slamet Riyadi Cirebon, Polisi Menindak Tegas

Pihaknya terus berkomitmen, kedepan terus bisa memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan sekitar, khususnya menyangkut kebijakan-kebijakan.

"Dalam hal ini adalah pemangku  kepentingan Pemerintah Daerah, baik Kabupaten maupun Kota Cirebon," tandasnya.

Pada kegiatan ini, lanjut Endang, kami mengundang beberapa instansi, seperti Bapelitbnagda, Dinkes, juga unsur Forkopimda.

"Artinya bahwa, kita mencoba membangun konsep dengan pendekatan integral, komprehensif, holislitik terhadap isu-isu  yang ada," terangnya.

BACA JUGA:Belum Tahu Honor KPPS Pilkada 2024? Ternyata Lebih Kecil dari Pemilu Serentak 2024

Sehingga, masih kata Endang,  seluruh stakeholder  juga pemangku kepentingan daerah bisa  dijadikan  mitra kerja dalam menangani berbagai masalah sosial.

"Seperti, masalah kemiskinan, masalah kaitan dengan kerusakan lingkungan hidup dan sebagainya itu harapan kami," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: