Sosialisasi dan Pelatihan UMKM Desa Cisantana

Sosialisasi dan Pelatihan UMKM Desa Cisantana

Sosialisasi Dan Pelatihan UMKM Desa Cisantana -istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam Rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya UMKM naik kelas, Kegiatan sosialisasi bertema UMKM On The Next Level " Digitalisasi Marketing" di inisiasi oleh kelompok 3 KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Kegiatan sosialisasi ini bertempat di aula desa Cisantana Kabupaten Kuningan.

Adanya kegiatan ini di latar belakangi dari hasil observasi terhadap beberapa pelaku usaha dimana kelompok kami menemukan kurangnya pemahaman terkait digitalisasi marketing, maka terlaksananya kegiatan ini yang berlangsung selama 2 hari di tanggal 4 September dan 11 September 2024 bertempat di aula desa Cisantana.

Pada kegiatan pertama tepatnya tanggal 4 September 2024 dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Perwakilan BJB , Ruli Umbara Selaku Kepala Sentra UMKM BJB Cirebon dengan materi Edukasi Perbankan.

Akses Permodalan sebagai pemateri pertama, Pemateri kedua diisi dari perwakilan Diskomperindag Kuningan  Sang Adipati Suganda, SKom Ci selaku pendampingan UMKM dan Manajer Unit Layanan Kemasan UPTD PLTU KUMKM Kabupaten Kuningan dengan materi "Legalitas Usaha", serta pemateri terakhir dari wakil dekan 1 FEB UGJ Moh Yudi Mahadianto SE MM MPM CAP dengan materi Digitalisasi Marketing.

BACA JUGA:Uniknya Lukisan Prabu Siliwangi Ini, Seolah 'Hidup' dan Bisa Mengikuti Siapapun yang Meliriknya

Acara sosialisasi ini dibuka oleh kepala Desa Cisantana Ano Suratno A.Md dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari perwakilan kecamatan Cigugur dan staf-staf desa Cisantana. Pada sosialisasi dan pelatihan ini di hadiri oleh 50 UMKM Yang ada di desa cisantana .

Pada kegiatan ke-2 tanggal 11 September 2024 mendatangkan narasumber dari perwakilan OJK Cirebon  Fardyansyah sebagai analis pertama pengawasan pertama usaha jasa keuangan, edukasi, perlindungan konsumen dan layanan manajemen strategis kantor OJK Cirebon dengan membawa materi  Bahaya Pinjol dan acara dilanjutkan terkait tindak lanjut kegiatan sosialisasi pertama dimana langsung mempraktekan terkait "digitalisasi marketing" ( Perizinan Usaha, WhatsApp business, Foto Produk, Label Kemasan dan Pemasaran melalui media tiktok ) dengan jumlah peserta 50 peserta. Pada kegiatan tersebut UMKM didorong untuk dapat mempelajari dan mempraktikkan secara langsung terkait materi yang telah disampaikan.

Wakil Dekan  1 FEB UGJ Moh Yudi Mahadianto SE MM MPM CAP  menjelaskan, Terbentuknya kegiatan ini sebagai upaya mengatasi kurangnya literasi dan pemahaman pelaku usaha terkait Digitalisasi Marketing.

Dengan  harapan dari terlaksananya kegiatan ini, para pelaku usaha lebih membuka mata terkait perkembangan teknologi, khususnya digitalisasi marketing.

BACA JUGA:PON XXI Aceh-Sumut 2024 Ditutup, Jabar Hatrrick Juara Umum

Karena hal tersebut merupakan peluang pelaku usaha dalam memasarkan produknya dan UMKM yang ada di desa Cisantana bisa lebih naik kelas. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: