Sampah Liar di Desa Pangenan, Pj Bupati Cirebon Ajak Kolaborasi untuk Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Sampah Liar di Desa Pangenan, Pj Bupati Cirebon Ajak Kolaborasi untuk Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

TERDEPAN: Pj Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MH dan Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan SSos MSi menjadi terdepan membersihkan sampah.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali sapu bersih tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Wilayah Kabupaten Cirebon, Minggu (22/9). Kegiatan kali ini, bersamaan dengan memperingati World Clean Up Day tahun 2024.

Aksi bersih-bersih sampah di pinggir Jalan Desa Pangenan itu, dipimpin langsung oleh Pj Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MH, dan Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan SSos MSi, diikuti oleh Forkopimcam, perangkat desa setempat, serta ratusan teman komunitas.

Bahkan, Pj Bupati Cirebon dengan didampingi kepala DLH menjadi yang terdepan dalam mengumpulkan sampah, dan memasukkannya ke karung.

Pejabat nomor satu di Kabupaten Cirebon ini, tidak ragu-ragu mengangkat sampah yang terkumpul dan memindahkan ke kontainer yang telah disediakan oleh DLH Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Ini Dia Nomor Urut Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Cirebon Pasca Pengundian di KPU

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya SH MH mengatakan, perlu kolaborasi seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga, setelah semua sampah tersebut dibersihkan, akan ada tindak lanjut.

“Kedepannya, kami akan membangun landasan kontainer untuk memastikan masyarakat dapat membuang sampah dengan benar. Masyarakat yang membuang sampah bisa langsung ke kontainer,” ujar Wahyu.

Mantan Kadisdik Jawa Barat itu mengimbau warga agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

“Semoga dengan upaya ini, kita bisa mencegah tumpukan sampah liar kembali terjadi dan rutin membersihkan lingkungan kita,” harapnya.

BACA JUGA:Pengundian Nomor Urut Calon Bupati - Calon Wakil Bupati Cirebon, Ini Dia Hasilnya

Di tempat yang sama, Kepala DLH Iwan Ridwan Hardiawan SSos MSi menjelaskan, aksi ini merupakan bagian dari program Sapu Bersih Sampah Liar yang dilaksanakan secara rutin.

Iwan mengaku senang, karena aksi bersih sampah liar yang bertepatan dengan World Clean Up Day tahun 2024, dihadiri oleh Pj Bupati Cirebon dan banyak teman komunitas di wilayah Cirebon.

Menurutnya, yang paling utama dalam kegiatan tersebut adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya akan mengirimkan kontainer dan akan ada MoU antara DLH dengan perangkat desa untuk pengangkut sampah secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: