Antisipasi Banjir, Bersihkan Sampah Dibawah Jembatan

Antisipasi Banjir, Bersihkan Sampah Dibawah Jembatan

Masyarakat dan perangkat Desa membersihkan sampah dibawah jembatan Sungai Pulosaren Desa Kabarepan.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Gotong-royong warga RT 02, RW 03 Blok Desa, dan perangkat Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon patut diapresiasi.

Dalam rangka untuk mengantisipasi banjir di wilayahnya, mereka kompak membersihkan sampah yang ada di bawah Jembatan Sungai Pembuangan Pulosaren, Desa Kabarepan, pada Senin (30/9/2024).

Sampah yang terdiri dari batang pohon, daun, dan lainnya dibersihkan bersama-sama, agar aliran air di Sungai tersebut tidak terhambat. Sampah tersebut kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa setempat.

Kasi Pemerintah Desa Kabarepan, Yanto Saeyuti mengatakan, beberapa hari yang lalu terjadi hujan deras di wilayah Plumbon sekitarnya. Sehingga,  banyak sampah batang pohon dan dedaunan yang terbawa arus, hingga menyangkut di bawah Jembatan.

BACA JUGA:BREAKING News: Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo Meninggal Dunia

Karena itulah masyarakat setempat sempat mengeluh. Karena banyaknya sampah di bawah jembatan bisa berdampak banjir, bila hujan deras terjadi. Hingga akhirnya, perangkat Desa dan RT setempat mengadakan kerja bakti.

"Sampah itu mengakibatkan aliran Sungai macet. Sehingga masyarakat mengeluh, akhirnya RT setempat dan kami mengadakan kerja bakti untuk mengangkut sampah yang di bawah jembatan," ujar Yanto Saeyuti kepada Radar Cirebon.

Ia menjelaskan, bilamana sampah yang menyangkut di bawah Jembatan itu tidak segera dibersihkan, maka akan berdampak banjir pada dua Blok, Desa Kebarepan. Karena itu, pihaknya juga rutin membersihkan sampah di Sungai Pulosaren Desa Kabarepan.

"Dampak banjir cepat sekali, kalau ada hujan deras dan tidak dibersihkan. Makanya masyarakat antusias,  melakukan pembersihan ini. Bahakn, kita juga lakukan bersih-bersih di Sungai itu rutin," tandasnya.

BACA JUGA:Pasangan ASIH Komitmen Tingkatkan Infrastruktur Olahraga di Jabar

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, yang melihat bersih-bersih sungai yang di lakukan oleh masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, sangat mengapresiasi.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banjir. "Jembatan penuh dengan sampah, dalam sedang pembersihan. Alhamdulillah sudah beres. Terimakasih warga RT 02 RW 03, Blok Desa," kata Fauzan korlap BPBD Kabupaten Cirebon. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: