Konsisten Cerdaskan Bangsa, Dosen FKIP UMC Lakukan Abdimas di SMPN 1 Jamblang

Konsisten Cerdaskan Bangsa, Dosen FKIP UMC Lakukan Abdimas di SMPN 1 Jamblang

Dosen FKIP UMC memberikan pelatihan kepada guru di SMPN1 Jamblang, Rabu (9/10/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Dosen-dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon (FKIP UMC) menunjukkan komitmennya untuk terus mencerdaskan bangsa melalui berbagai pengabdian masyarakat (abdimas) yang inovatif.

Salah satu program FKIP UMC ini yaitu melalui program pelatihan di SPMN 1 Jamblang, Kabupaten Cirebon, Rabu (9/10/2024). Dalam programnya tersebut, tiga dosen FKIP UMC yakni Dila Charisma, Eline Rozaliya Winarto, dan Sumliyah memberikan pelatihan berupa pembuatan presesentasi digital dan infografis dari Canva serta video pembelajaran dari Prezi Video.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FKIP UMC Dila Charisma mengungkapkan, kegiatan abdimas ini diawali dengan FGD pada 19 Agustus 2024 dengan para guru.

"Setelah itu, kami melakukan pelatihan dan pendampingan pada tanggal  27 hingga 28 September 2024. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian siswa,"ungkapnya.

BACA JUGA:2 Hari Jelang Pernikahan, Mahasiswa Asal Cirebon Tewas Tertabrak Kereta Api

Selain aspek teknis, Dila menjelaskan, program pelatihan tersebut juga menekankan pentingnya komunikasi yang efektif.

"Para guru SMPN 1 Jamblang ini diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka, sehingga mereka dapat berlatih berbicara di depan umum dan menerima umpan balik konstruktif. Melalui sesi ini, mereka diajarkan untuk menyampaikan ide dengan jelas dan percaya diri, yang merupakan keterampilan penting dalam dunia akademis maupun profesional,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Jamblang, Johari, M.Pd sangat mengapresiasi ketiga dosen dari FKIP yang telah berkontribusi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya.

"Pendampingan yang diberikan kepada para guru tentang pembuatan presentasi digital dan infografis menggunakan Canva, serta video pembelajaran melalui Prezi Video, menjadi langkah signifikan dalam memodernisasi metode pengajaran di SMPN 1 Jamblang,"ucapnya.

BACA JUGA:Mabes Polri Bongkar Sindikat Judi Online

Johari berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut di masa mendatang.

"Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan, para guru di SMPN 1 Jamblang akan semakin terampil dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan visi sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di era digital,"pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: