Dua Mahasiswa IPB Cirebon Raih Juara dalam Bunkasai Ke-49 Se Jawa Barat

Dua Mahasiswa IPB Cirebon Raih Juara dalam Bunkasai Ke-49 Se Jawa Barat

PRESTASI: Tim Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon berhasil membawa pulang 2 predikat juara pada kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) tingkat Jawa Barat.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perasaan bangga dan bahagia meliputi tim Prodi Sastra Jepang Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon yang berhasil membawa pulang 2 predikat juara pada kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) tingkat Jawa Barat ke-49.

Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon berhasil menjaga rentetan prestasi kompetisi yang digelar di Universitas Padjajaran tersebut.

Pada kegiatan yang digelar 4-5 Oktober 2024 lalu, IPB Cirebon mengirimkan total 7 perwakilannya. Hasilnya, dua mahasiswa, yakni Rixy Gita Pramana berhasil membawa pulang juara 3 lomba Kanji B dan Revan Dwi Virgianto, juara 3 lomba Choukai B.

Baik Rixy maupun Revan berhasil mengungguli para kompetitornya yang berasal dari perguruan tinggi yang memiliki Prodi Bahasa dan Sastra Jepang di se Jawa Barat.

BACA JUGA:Konsisten Cerdaskan Bangsa, Dosen FKIP UMC Lakukan Abdimas di SMPN 1 Jamblang

“Saya merasa sangat senang dan bangga dengan prestasi ini. Walaupun sejujurnya, untuk lomba ini persiapannya cukup singkat. Tapi saya  berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan," ujar Rixy.

Sementara itu, Revan yang menjadi juara 3 lomba Choukai B mengatakan bahwa sebelum melaksanakan lomba, ia banyak berlatih dengan melihat dan menonton program TV dan anime dari Jepang. Ia pun juga tak menyangka berhasil memperoleh predikat juara ke-3.

“Dengan prestasi ini, justru semakin memotivasi saya untuk selalu belajar dan mendalami bahasa dan budaya Jepang," ungkapnya.

Choukai sendiri adalah keterampilan memahami isi dan informasi yang berasal ujaran/lisan atau media suara dalam Bahasa Jepang. Choukai menjadi satu di antara keterampilan yang harus dimiliki oleh orang-orang yang sedang mendalami Bahasa Jepang.

BACA JUGA:Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon dari PKB Terancam Ditinggal, Ini Penyebabnya

Kaprodi Sastra Jepang IPB Cirebon, Nunik Nur Rahmi Fauzah SPd MHum mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi tim Prodi Sastra Jepang yang mewakili kampus di ajang rutin tahunan tersebut. Terlebih, dua diantaranya berhasil membawa pulang dua predikat juara di dua kategori berbeda.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi perwakilan IPB Cirebon dalam Bunkasai ke-49. Kami juga akan terus mengevaluasi dari setiap lombanya, supaya di tahun depan, semoga memperoleh prestasi yang lebih baik lagi," katanya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: