Cegah Banjir di Musim Hujan, Pj Bupati Cirebon Tinjau Normalisasi Sungai Cisanggarung

Cegah Banjir di Musim Hujan, Pj Bupati Cirebon Tinjau Normalisasi Sungai Cisanggarung

Pj Bupati Cirebon Drs H Wahyu Mijaya melakukan tinjauan lapangan normalisasi Sungai Cisanggarung di Kecamatan Waled, Kamis 10 Oktober 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Penjabat (Pj) Bupati Cirebon melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau sejumlah proyek penanganan banjir di Kecamatan Waled dan Pabuaran, Kamis 10 Oktober 2024.

Salah satu fokus utama kunjungan adalah normalisasi Sungai Cisanggarung yang berada di Kecamatan Waled serta pemberian bantuan sumur resapan dan panen bawang merah di Pabuaran.

Dalam peninjauannya, PJ Bupati menyampaikan bahwa pihaknya bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) berencana untuk menindaklanjuti beberapa proyek infrastruktur yang berkaitan dengan pengendalian banjir, termasuk normalisasi sungai dan pembangunan kolam retensi.

BACA JUGA:Pemkot Cirebon Siap Fasilitasi Proses Mediasi Antara Ketua DPRD dan KONI

BACA JUGA:Kevin Diks Tiba di Indonesia, Benarkan Sedang Proses Naturalisasi jadi WNI?

BACA JUGA:Dapat Aduan Warga Soal Miras, Polsek Waled Tertibkan Sekelompok Orang di Lokasi Proyek Jalan Cisaat-Cikulak

"Kami sudah melakukan peninjauan di Bendung Ambit hingga aliran Cisanggarung. Insya Allah, kita akan lanjutkan dengan normalisasi dan pembangunan kolam retensi di beberapa titik," ungkapnya.

Selain itu, daerah Ciberes dan Waled Asem juga akan menjadi fokus pembangunan kolam retensi untuk menahan aliran air sebelum masuk ke Bendung Ambit. Hal ini diharapkan dapat mengurangi potensi banjir di wilayah tersebut.

"Pihak BBWS dan Pemkab Cirebon akan segera menyusun perencanaan rinci mengenai lokasi dan kapasitas kolam retensi, dengan rencana pengerjaan dimulai dalam waktu dekat," katanya.

BACA JUGA:Bungkam China, Australia Geser Posisi Bahrain di Klasemen Grup C Zona Asia

BACA JUGA:Kembangkan UMKM di Jabar, Pasangan ASIH Komitmen Berikan Permodalan hingga Pembinaan

BACA JUGA:Rapat Bareng KPK, Begini Komitmen Pemkab Cirebon Dalam Ciptakan Pemerintahan Bersih dan Transparan

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan berupa 5 titik sumur resapan dan 12.000 bibit pohon, yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi. Langkah ini diharapkan mampu membantu memperbaiki ekosistem dan menyerap kelebihan air selama musim hujan.

Pada kesempatan yang sama, PJ Bupati menegaskan bahwa normalisasi sungai sudah dimulai sejak Mei 2024, pasca terjadinya banjir di wilayah tersebut pada akhir Mei.

"Normalisasi sudah berjalan sejak Mei, dan saat ini kami fokus melanjutkan pekerjaan di beberapa titik strategis seperti Ciuyah dan wilayah sekitar Bendung Ambit," tuturnya.

BACA JUGA:Kisah Warga Indramayu Diselundupkan ke Myanmar, Keluarga Minta Bantuan ke Prabowo

BACA JUGA:Deka Dilarang Main Seumur Hidup, Askab PSSI Cirebon Disomasi

Dengan berbagai upaya ini, pemerintah daerah berharap mampu mengurangi risiko banjir yang sering melanda wilayah Cirebon, terutama menjelang musim penghujan.

Masyarakat diminta untuk bersabar dan ikut serta dalam menjaga lingkungan demi mengurangi dampak bencana banjir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase