Mengenakan Batik itu Harus dengan Roh

Mengenakan Batik itu Harus dengan Roh

SELEMBAR  kain bagi Tukang kain Indonesia Josephine W Komara alias Obin bukan sekadar rangkaian pintalan benang atau lembaran penutup tubuh. Bagi Obin, kain adalah bagian dari budaya Indonesia serta ciri khas Indonesia. \"Kain dari semua pelosok nusantara tidak bisa berdiri  begitu saja tanpa budaya. Jangan angkat kain sebagai kain tanpa budayanya. Budaya adalah bagian dari kain, kain adalah bagian dari budaya,\" kata Obin dalam bincang-bincang tentang kain nusantara di acara bertajuk \"Kibaran Cinta Kain Nusantara,\" di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Sabtu (5/3). Budaya itu terbentuk dari kebiasaan dan adat masyarakat setempat. Kedua unsur ini merupakan pelekat bangsa dari keberagaman yang ada. \"Saya khawatir dengan semua orang mencari ilmu yang lebih maju, budaya ditinggalkan. Pada saat itu, hanya sosoknya saja yang diambil tapi rohnya ketinggalan,\" ujarnya. Padahal, menurut Obin, tiap kain punya cerita unik sendiri. Kain tringkit, ikat, batik, ulos, dan sejumlah kain lainnya punya arti berbeda dalam proses pembuatannya. \"Ada kain double ikat dari satu desa Tenganan (Bali). Kain double ikat sudah ada di kampung itu sejak ratusan tahun lalu sampai sekarang. Tekniknya sulit dan harus mengikat dua kali,\" kata Obin. Kain double ikat ini juga dikenal dengan sebutan gringsing. Penamaannya diambil dari dua kata yakni gring dan sing. Gring berarti sakit, dan sing berarti tidak. Kain ini digunakan dalam sejumlah seremoni penolak bala. \"Tidak ada satu seremoni di dalam kehidupan manusia Indonesia, yang tidak menyangkut kain. Kain memiliki banyak makna, dan bukan hanya dari motifnya saja. Misal ulos dari Sumatera, ada makna reinkarnasinya, ada juga kain yang persembahan panen,\" ucapnya.   KEBERAGAMAN KAIN Peneliti Kesenian dan Tradisi Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung Ratna Panggabean menjelaskan ada perbedaan penggunaan antara kain adat tradisional dengan kain kontemporer. \"Kain adat dulunya dibuat untuk kepentingan masyarakat, ada juga yang digunakan sebagai wujud rasa syukur yang diberikan juga kepada para petinggi. Kalau sekarang, untuk pendekatan ekonomi jadi ada nilai harga,\" kata Ratna dalam diskusi tersebut. Meski mengalami pergeseran nilai, kain Indonesia masih punya kekuatan yang wajib dipertahankan. \"Kekuatan kain nusantara terletak di keberagamannya jadi jangan sampai diseragamkan. Ada batik Tasik, Garut, Cirebon. Ada juga yang bahkan tetanggaan tapi ada bedanya, batik Jogja dan Solo, itu batiknya beda. Keragaman ini adalah kekuatan kita,\" ucapnya. Selain dari corak, keberagaman juga terlihat dari teknik yang digunakan untuk menggambar motif dan mewarnainya. Dulu, kain nusantara tradisional dibuat menggunakan teknik rekalatar. Benang ditenun terlebih dulu untuk diberi gambar lukisan, sulam, celup rintang, dan prada,\" katanya. Di samping itu, ada pula corak kain yang disebut dengan rekarakit. \"Rekarakit adalah pembentukkan corak bersamaan dengan penenunan kain, contoh songket, ikat, lungsin tambah, dan tenun manik,\" ucapnya. Ditambahkan Obin, keragaman ini juga sekaligus menjadi penanda identitas seseorang. \"Misal batik terang bulan, begitu kita lihat kainnya, kita bisa tahu dia siapa, latar belakangnya apa, budayaya apa,\" ucapnya. Seluruh keragaman budaya ini, menurut Obin, harus dirawat. Caranya, dengan mengenakan kain asli Indonesia alih-alih membeli kain dari luar negeri. (cnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: