RSUD Majalengka Fokus untuk Raih Tipe A

RSUD Majalengka Fokus untuk Raih Tipe A

MAJALENGKA - Menghadapi penilaian akreditasi bagi fasilitas kesehatan di Kabupaten Majalengka, RSUD Majalengka mendapat dukungan dari DPRD agar menjadikan standar akreditasi sebagai pemicu kinerja seluruh aparatur di RSUD Majalengka. Senin siang (10/10), rombongan komisi IV DPRD mengunjungi RSUD Majalengka untuk melihat langsung sejauh mana kesiapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tersebut menghadapi penilaian akreditasi oleh lembaga akreditasi independen yang ditunjuk pemerintah pusat. Sehingga perlu terus dilakukan peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi semangat utama dari kualitas sebuah BLUD. Ketua Komisi IV Dr H Hamdi MKes menyebutkan, akreditasi merupakan tolok ukur dalam menentukan kualitas dan grade yang dimiliki lembaga pelayanan. Apalagi untuk lembaga pelayanan fasilitas kesehatan, tingkat akreditasi sangat diperlukan untuk menumbuhkan kepuasan dan kepercayaan pasien. Menurutnya, program akreditasi terhadap sebuah tempat pelayanan fasilitas kesehatan sebetulnya sudah ada sejak dirinya menjadi birokrat dan menjabat sebagai direktur RSUD Majalengka. Namun adanya upaya RSUD Majalengka untuk mengikuti program akreditasi patut diapresiasi, termasuk yang akan dijalani fasilitas kesehatan lain milik pemerintah. Anggota komisi IV lainnya Deden Hardian Narayanto ST menambahkan, target grade rumah sakit tipe A patut diapresiasi. Mengingat baru pertama kali RSUD Majalengka menjalani akreditasi, diharapkan target tersebut bisa terwujud. Sehingga akan muncul rasa kepercayaan dan dan kebanggaan masyarakat Majalengka terhadap fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah tersebut. Direktur RSUD Majalengka dr H Harizal Harahap menyebutkan, untuk menghadapi penilaian akreditasi di 2017 mendatang pihaknya sudah membuat komitmen dengan pribadi dan keluarga masing-masing untuk konsentrasi penuh terhadap tugas tersebut 120 persen. Sehingga, wajar jika belakangan ini sempat kehilangan sebagian waktu mereka untuk berkumpul bersama keluarga. “Insya Allah kita siap 120 persen menghadapi akreditasi tahun 2017 mendatang. Bahkan kami sudah buat komitmen pribadi dengan keluarga masing-masing, harap maklum kalau waktu kami berkumpul keluarga sedikit tersita dengan konsentrasi kerja. Setiap dua minggu sekali kita evaluasi apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan,” ungkapnya. Mengenai upaya teknisnya, pihaknya akan membuka layanan adminission gates di pintu utama RSUD sebagai pusat informasi dan petunjuk bagi seluruh pasien maupun keluarga pasien untuk mendapatkan pelayanan. Sehingga para pengunjung RSUD memperoleh informasi dan pelayanan yang jelas dan terarah. Sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Majalengka juga terus diperbaharui dan ditingkatkan, untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pasien. Sehingga upaya dan kerja keras seluruh pihak RSUD selama ini terbayar tuntas dengan terpuaskannya pasien atas layanan yang diberikan. (azs)    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: