Tumbuhkan Kasih Sayang Antar Sesama di Momentum Idul Adha

Tumbuhkan Kasih Sayang Antar Sesama di Momentum Idul Adha

CIREBON - Ratusan umat muslim Kota Cirebon khusyuk dalam menunaikan solat Idul Adha di pelataran Masjid Raya At Taqwa Cirebon, Jumat (1/9).
Di bawah sinar matahari yang cerah, para jamaah tetap khusyuk mendengarkan khutbah yang disampaikan Ketua NU Kota Cirebon Yusuf SE MM.
Yusuf menyampaikan, sebelum dilahirkan Islam yang dibawa Nabi besar Muhammad SAW, umat manusia di dunia dilanda permusuhan dan kebencian antar suatau bangsa dengan bangsa lainnya, permusuhan antra ras, suku dan golongan. Kelompok yanh satu memusuhi kelompol yang lain, perbudakan terjadi diberbagai bagian dunia, ras diskriminasi, pembagian manusia dengan kasta-kasta.
Dalam kehancuran yang meresahkan itu, lanjut Yusuf, Islam datang dengan konsep ajarannya mengenai persamaan hak, kemanusiaan yang luhur, tidak ada perbedaan antar apa pun. Kecuali dengan taqwa yang dimilikinya.
\"Islam mengajarkan bahwa kita semua adalah saudara, kita berasal dari jenis yang sama, tidak ada perbedaan antara satu dengan lainnya, kecuali iman dan taqwa,\" ungkap Yusuf.
Lebih lanjut Yusuf menyampaikan, ajaran Islam juga mengarahakan manusia agar mengambil pelajaran dari segala kejadian dan peristiwa yang berada di sekitar. Dengan demikian, setiap diri manusia akan menyadari sedalam-dalamnha hakikat kehidupan. Harus disadari, betapapum hebat dan kompiltnya ajaran Islam, tidak akan berkembang dengan pesat, jika tidak diperjuangkan secara sungguh-sungguh.
\"Semoga di Idul Adha yang mulia ini, sehabis salat hendaknya berjanji dalam kalbu masing-masing untuk mendarma baktikan apa yang kita miliki bagi kejayan agama Islam dan kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan,\" tutur Yusuf.
Sementara itu, Walikota Cirebon Nasrudin Azis, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah kepada seluruh Ummat Islam di Kota Cirebon.
“Saya atas nama pribadi dan keluarga dan atas nama seluruh jajaran Pemerintah Kota Cirebon, menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah Tahun 2016,” ujar Azis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: