Mark Zuckerberg: Kami Menjalani Sejumlah Pertempuran dengan Operator Rusia

Mark Zuckerberg: Kami Menjalani Sejumlah Pertempuran dengan Operator Rusia

AMERIKA SERIKAT-Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan kepada para senator Amerika Serikat bahwa perusahaannya tengah menjalani sejumlah pertempuran dengan operator Rusia yang ingin memanfaatkan jejaring sosial itu. \"Ini adalah persaingan senjata. Mereka akan terus menjadi semakin baik,\" ujar Zuckerberg. Menghadapi pertanyaan para senator AS soal skandal pembocoran data ke perusahaan Cambridge Analytica, Zuckerberg mengungkap bahwa Robert Mueller—penyelidik khusus yang menginvestigasi dugaan campur tangan Rusia pada pemilihan presiden 2016—telah menginterogasi staf Facebook. Namun, menurutnya, dia tidak termasuk orang yang diinterogasi Mueller dan koleganya. \"Pekerjaan saya dengan penyelidik khusus tergolong rahasia dan saya ingin memastikan bahwa dalam sesi terbuka ini saya tidak mengungkap sesuatu yang bersifat rahasia,\" katanya. Pada Februari lalu, pihak Mueller mendakwa 13 warga Rusia atas tuduhan mencampuri pemilihan 2016. Tiga perusahaan Rusia turut dalam dakwaan tersebut. Salah satunya, Internet Research Agency yang kerap dijuluki \'peternakan troll Rusia\' dan disebut punya \"tujuan strategis dalam menabur kekacauan di sistem politik AS\". Menanggapi itu, Zuckerberg mengatakan perusahaannya tengah mengembangkan perangkat baru untuk mengenali akun-akun palsu. \"Ada sejumlah orang di Rusia yang pekerjaannya mencoba mengeksploitasi sistem kami dan sistem internet lainnya. Kami perlu berinvestasi agar bisa juga lebih baik dalam hal ini,\" papar Zuckerberg. Pria berusia 33 tahun itu menepis beragam pertanyaan mengenai kemungkinan Facebook akan diatur secara ketat. Ketika didesak, dia mengaku akan menyambut aturan jika \"aturannya tepat\". Zuckerberg juga mengatakan sejumlah hal:

  • \"Kini sudah jelas bahwa kami sebelumnya tidak melakukan sesuatu yang cukup untuk mencegah perangkat-perangkat ini digunakan untuk tujuan buruk\"
  • \"Jika menengok ke masa lalu, itu jelas adalah kesalahan\" saat meyakini Cambridge Analytica menghapus data, tanpa peninjauan lebih jauh.
  • Dia tidak \"merasa\" Facebook melakukan monopoli
  • Akan selalu ada versi Facebook yang gratis. Artinya kemungkinan akan ada versi berbayar sehingga pengguna tidak menghadapi iklan saat menggunakan Facebook
  • Menangani ujaran kebencian otomatis mengandung kemungkinan \"eror yang tinggi\"
  • Dia secara pribadi prihatin tas kemungkinan bias politik di perusahaannya.
\"\"Saat jeda pertama dalam sesi tanya-jawab, harga saham Facebook meningkat hampir 5%--sebuah pertanda pasar bereaksi positif pada penampilan Zuckerberg. (bbc/wb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: